PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR KONSUMEN PRIMER SUB SEKTOR CONSUMER NONCYCLICALS (PAPAN UTAMA) YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2019 – 2021

GIOVANNI, ANGEL MARDENIA (2023) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR KONSUMEN PRIMER SUB SEKTOR CONSUMER NONCYCLICALS (PAPAN UTAMA) YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2019 – 2021. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ANGEL MARDENIA GIOVANNI 125190234 ja.pdf

Download (510kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor konsumen primer sub sektor consumer non-cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi penelitian ini adalah tahun 2019 – 2021 dengan menggunakan 104 data yang terdiri dari 44 perusahaan sektor konsumen primer sub sektor consumer noncyclicals yang telah diseleksi melalui metode purposive sampling. Software yang digunakan untuk mengolah data dalam penelitian ini adalah SPSS 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan dan negatif terhadap nilai perusahaan, leverage berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan, dan pertumbuhan penjualan berpengaruh signifikan dan negative terhadap nilai perusahaan. Kata kunci : Ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, pertumbuhan penjualan, nilai perusahaan. ABSTRACT The main objective of this study is to identify and analyze the effect of company size, leverage, profitability, and sales growth on firm value in primary consumer sector companies, the consumer non-cyclicals sub-sector, which are listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). The population for this research is 2019 – 2021 using 104 data consisting of 44 companies in the primary consumer sector, the consumer non-cyclicals sub-sector, which have been selected through a purposive sampling method. The software used to process the data in this study is SPSS 22. The results of this study indicate that company size has no significant and negative effect on firm value, leverage has a significant and positive effect on firm value, profitability has a significant and positive effect on firm value, and Sales growth has a significant and negative effect on firm value. Keywords : Company size, leverage, profitability, sales growth, firm value.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 28 Feb 2024 08:13
Last Modified: 28 Feb 2024 08:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43048

Actions (login required)

View Item View Item