PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI MODERASI

WIJAYA, NADYA (2023) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI MODERASI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
NADYA WIJAYA 125190083 ja.pdf

Download (1MB)

Abstract

This study aims to obtain empirical evidence regarding the effect of company size, profitability, leverage, and liquidity on the value of companies with social responsibility as a moderating variable for non-primary goods consumption sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange during the 2019-2021 period. This study uses secondary data and is processed using the E-views 12.0 program. The sampling technique was purposive sampling and obtained as many as 17 companies that met the criteria. The results showed that firm size did not have a negative effect on firm value, profitability and social responsibility had a positive effect on firm value, leverage and liquidity did not have a positive effect on firm value. Social responsibility can moderate company size on firm value, social responsibility cannot moderate liquidity on firm value. Keywords: Firm Value, Firm Size, Profitability, Leverage, Liquidity, Corporate Social Responsibility Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan tanggungjawab sosial sebagai variabel moderasi pada perusahaan sektor barang konsumsi non primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019-2021. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan diolah menggunakan program E-views 12.0. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dan diperoleh sebanyak 17 perusahaan yang memenuhi kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, profitabilitas dan tanggungjawab sosial berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, leverage dan likuiditas tidak pengaruh berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Tanggungjawab sosial dapat memoderasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan, tanggungjawab sosial tidak dapat memoderasi pengaruh likuiditas terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Corporate Social Responsibility

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 06 Mar 2024 06:37
Last Modified: 06 Mar 2024 06:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43163

Actions (login required)

View Item View Item