PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR KONSUMEN NON-PRIMER YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2021

PATANDUK, NATHALIA DEWI ANISYAH (2023) PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR KONSUMEN NON-PRIMER YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2021. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
NATHALIA D. A. PATANDUK 125160490 ja.pdf

Download (940kB)

Abstract

Pada masa globalisasi dan masa post pandemi Covid-19 seperti sekarang adalah tuntutan bagi semua perusahaan untuk memaksimalkan dan memanfaatkan ketersediaan sumber daya yang dimiliki dalam berbagai aktivitas guna mencapai hasil dan tingkat laba yang tinggi.Dalam penelitian ini menggunakan subjek dari perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor konsumen non-primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021.Sedangkan objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh likuiditas, leverage dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Pemilihan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode purposive samplingAnalisis statistik deskriptif yang dilakukan dalam penelitian menggunakan 213 sampel data.Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan variabel likuiditas secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil leverage secara parsial berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Serta variabel independent ketiga adalah profitabilitas secara parsial berpengaruh terhadap nilai perusahaan Hal ini disebabkan oleh karena perusahaan ingin mencapai tujuan sehingga fokus untuk memperoleh laba dalam meningkatkan nilai perusahaan. Kata kunci: Nilai Perusahaan, Likuiditas, Leverage, Profitabilitas ABSTRACK In the era of globalization and the post-pandemic Covid-19 era as it is now, it is a demand for all companies to maximize and take advantage of the available resources they have in various activities in order to achieve high results and profit levels. In this study, subjects from companies engaged in the non-primary consumer sector listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2019-2021 period. The object used in this study was to determine the effect of liquidity, leverage and profitability on company value. The selection of the method used in this study was purposive sampling. Descriptive statistical analysis was carried out in this study using 213 data samples. Based on the results of the research, it was found that the liquidity variable partially did not have a significant effect on firm value. Leverage results partially affect the value of the company. And the third independent variable is profitability which partially affects firm value. This is because the company wants to achieve its goals so it focuses on earning profits in increasing firm value. Keyword: Firm Value, Liquidity, Leverage, Profitability

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 06 Mar 2024 06:45
Last Modified: 06 Mar 2024 06:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43165

Actions (login required)

View Item View Item