PENGARUH SALES GROWTH, RASIO AKTIVITAS, DAN RASIO LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA SEKTOR CONSUMER CYCLICALS DI TAHUN 2020-2022

Untoro, Julian (2023) PENGARUH SALES GROWTH, RASIO AKTIVITAS, DAN RASIO LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA SEKTOR CONSUMER CYCLICALS DI TAHUN 2020-2022. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Julian Untoro - 125200146 JA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan bukti dan informasi dari pengaruh total asset turnover ratio (TATO), working capital turnover ratio (WCTO), sales growth, accounts receivable turnover (ARTO), dan quick ratio (QR) terhadap profitabilitas (ROA). Populasi dari sektor consumer cyclicals sebanyak 99 perusahaan yang sudah terdaftar Bursa Efek Indonesia (BEI) dan sudah melakukan IPO sepanjang tahun penelitian 2020-2022. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dan perusahaan yang didapatkan sejumlah 66 perusahaan selama periode tahun penelitian 2020-2022. Alat statistik yang digunakan adalah software EViews 12.0 dengan analisis regresi berganda. Model pada penelitian ini lebih cocok menggunakan Random Effect Model (REM). Berdasarkan pada data yang sudah diuji di dalam penelitian ini, hasilnya berupa total asset turnover (TATO) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas (ROA), sales growth memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas (ROA), sedangkan untuk variabel working capital turnover (WCTO), accounts receivable turnover (ARTO), dan quick ratio (QR) memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan. Implikasi dari penelitian ini adalah investor perlu mempertimbangkan total asset turnover dan sales growth dalam menilai profitabilitas untuk pengambilan keputusan. Kata Kunci: Pertumbuhan Penjualan, Ratio Aktivitas, Rasio Likuiditas, Profitabilitas ABSTRACT This study was conducted with the aim of obtaining evidence on the effect of total asset turnover ratio (TATO), working capital turnover ratio (WCTO), sales growth, accounts receivable turnover (ARTO), and quick ratio (QR) on profitability (ROA). The population taken from the consumer cyclicals sector is 99 companies that have been listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) and have conducted IPOs throughout the 2020-2022 research year. The sampling used is purposive sampling, with 66 companies obtained during the 2020-2022 research year period. The statistical tool used is EViews 12.0 software using multiple regression analysis. The model in this study is more suitable to use the Random Effect Model (REM). Based on the data that have been tested in this study, the results are total asset turnover (TATO) have a positive and significant influence on profitability (ROA), sales growth has a negative and significant influence on profitability (ROA), but variables working capital turnover (WCTO), accounts receivable turnover (ARTO), and quick ratio (QR) have a positive influence but not significant. The implication of this research is that investors need to consider total asset turnover and sales growth in assessing profitability for decision making. Keywords: Sales Growth, Activity Ratio, Liquidity Ratio, Profitability

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 05 Aug 2024 07:50
Last Modified: 05 Aug 2024 07:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43675

Actions (login required)

View Item View Item