PENGARUH LEVERAGE, PERTUMBUHAN PENJUALAN, ASSET TURNOVER, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA SEKTOR CONSUMER NON-CYCLICAL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2020-2022

Thesaleonika, Thesaleonika (2023) PENGARUH LEVERAGE, PERTUMBUHAN PENJUALAN, ASSET TURNOVER, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA SEKTOR CONSUMER NON-CYCLICAL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2020-2022. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Thesaleonika - 125200217 JA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH LEVERAGE, PERTUMBUHAN PENJUALAN, ASSET TURNOVER, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA SEKTOR CONSUMER NON-CYCLICAL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2020-2022 Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh leverage, pertumbuhan penjualan, asset turnover, dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas. Dalam penelitian ini menggunakan 36 data perusahaan sektor consumer non-cyclical yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penlitian ini adalah menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya dan diolah menggunakan program EViews 12. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil leverage memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas, pertumbuhan penjualan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas, asset turnover memiliki pengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas. Kata Kunci: Leverage, Pertumbuhan Penjualan, Asset Turnover, dan Ukuran Perusahaan, Profitabilitas ABSTRACT Abstract: The purpose of this research is to obtain empirical evidence regarding the effect of leverage, sales growth, asset turnover, and firm size on profitability. This research uses data from 36 companies in the consumer non-cyclical sector that are listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2020-2022 period. The sampling technique in this research was purposive sampling with predetermined criteria which was processed by the EViews 12 program. Based on the research, the results obtained are that leverage has a significant negative effect on profitability, sales growth doesn’t has a significant effect on profitability, asset turnover has a significant positive effect on profitability, and firm size has a significant positive effect on profitability. Keywords: Leverage, Sales Growth, Asset Turnover, Firm Size, Profitability

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 05 Aug 2024 06:56
Last Modified: 05 Aug 2024 06:56
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43719

Actions (login required)

View Item View Item