PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP COMPETITIVE ADVANTAGE DENGAN INOVASI PRODUK SEBAGAI MEDIASI PADA COFFEE SHOP DI TANGERANG SELATAN

Purnama, Chandra (2023) PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP COMPETITIVE ADVANTAGE DENGAN INOVASI PRODUK SEBAGAI MEDIASI PADA COFFEE SHOP DI TANGERANG SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Chandra Purnama - 115200019 JA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT UNIVERSITAS TARUMANAGARA FACULTY OF ECONOMICS AND BUSINESS JAKARTA (A) CHANDRA PURNAMA 115200019 (B) THE EFFECT OF KNOWLEDGE MANAGEMENT ON COMPETITIVE ADVANTAGE WITH PRODUCT INNOVATION AS MEDIATION AT COFFEE SHOP IN SOUTH TANGERANG (C) XV + 81 Pages, 20 Table, 2 Pictures (D) ENTREPRENEURSHIP (E) Abstract: This study aims to analyze the effect of knowledge management on competitive advantage with the mediating role of product innovation in coffee shops in South Tangerang. A survey was conducted on the owners or managers of coffee shops in the area and a sample of 70 respondents was taken through the distribution of questionnaires to coffee shops with G-form. This study uses quantitative research methods and uses SEM-PLS to analyze the data obtained to test 4 research hypotheses. The results of the study show that knowledge management has a positive and significant effect on competitive advantage and product innovation, and there is a partial mediating role of product innovation in the relationship between knowledge management and competitive advantage. The path coefficient value shows that product innovation has a strong and significant direct effect on competitive advantage. The results of the model testing also show that the model has good predictive relevance and goodness of fit values. The managerial implications of the results of this study are that coffee shops should focus on the development of knowledge management and product innovation to have competitive advantage in coffee shops in South Tangerang. (F) Keywords: Knowledge Management, Competitive Advantage, Innovation Product (G) References 46 (1981-2023) (H) Ida Puspitowati, S.E.,M.E ABSTRAK UNIVERSITAS TARUMANAGARA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS JAKARTA (A) CHANDRA PURNAMA 115200019 (B) PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP COMPETITIVE ADVANTAGE DENGAN INOVASI PRODUK SEBAGAI MEDIASI PADA COFFEE SHOP DI TANGERANG SELATAN (C) XV +81 Halaman, 20 Tabel, 2 Gambar (D) KEWIRAUSAHAAN (E) Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh knowledge management terhadap competitive advantage dengan peran mediasi inovasi produk pada coffee shop di Tangerang Selatan. Survei dilakukan pada pemilik atau manajer kedai kopi di wilayah tersebut dan mengambil sampel sebanyak 70 responden melalui penyebaran angket ke coffee shop dengan G-form. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan SEM-PLS menganalisis data yang diperoleh untuk menguji 4 hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dan inovasi produk, serta terdapat peran mediasi parsial inovasi produk dalam hubungan antara manajemen pengetahuan dan keunggulan bersaing. Nilai koefisien jalur menunjukkan bahwa inovasi produk secara langsung berpengaruh kuat dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Hasil pengujian model juga menunjukkan bahwa model memiliki nilai predictive relevance dan goodness of fit yang baik. Implikasi manajerial dari hasil penelitian ini adalah kedai kopi harus fokus pada pengembangan knowledge management dan inovasi produk untuk memiliki competitive advantage pada coffee shop di Tangerang Selatan. (F) Kata Kunci: Manajemen Pengetahuan, Keunggulan Kompetitif, Inovasi Produk (G) Daftar Acuan 46 (1985-2023) (H) Ida Puspitowati, S.E., M.E

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:43
Last Modified: 09 Aug 2024 02:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43799

Actions (login required)

View Item View Item