Pengarfuh dukungan litigasi, independensi, dan skeptisme profesional terhadap kemampuan editor eksternal dengan dimoderasi pengalaman mendeteksi fraud

Ridha, Maulana (2023) Pengarfuh dukungan litigasi, independensi, dan skeptisme profesional terhadap kemampuan editor eksternal dengan dimoderasi pengalaman mendeteksi fraud. Masters thesis, Universitas Tarumanagra.

[img]
Preview
Text
Maulana Ridha 127221001 JA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena belum optimalnya kemampuan auditor eksternal dalam mendeteksi fraud. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengenalisis pengaruh Dukungan Litigasi, Independensi, dan Skeptisisme Profesional terhadap Kemampuan Mendeteksi Fraud, serta menguji peran Pengalaman Mendeteksi Fraud dalam memoderasi penbgaruh parsial ketiga variabel independen tersebut pada Kemampuan Mendeteksi Fraud. Pendkatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Waktu penelitian satu waktu, yakni tahun 2024. Lokasi penelitian adalah pada Kantor Akuntansi Publik (KAP) di Jakarta Selatan. Populasi adalah segenap auditor eksternal pada KAP di Jakarta Selatan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposif. Teknik pengumpulan data primer adalah melalui survei, sedangkan teknik pengumpulan data sekunder melalui study desk. Instrumen penelitian adalah kuesioner tertutup berskala ordinal. Teknik analisis data menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya Dukungan Litigasi yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemampuan Mendeteksi Fraud; sedangkan Independensi, dan Skeptisisme Profesional secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan teerhadap Kemampuan Mendeteksi Fraud. Sementara itu Pengalaman Mendeteksi Fraud memoderasikan secara positif, namun tidak signifikan pengaruh parsial ketiga variabel independen tersebut kepada Kemampuan Mendeteksi Fraud. Kata kunci: Kemampuan Mendeteksi Fraud, Dukungan Litigasi, Skeptisisme Profesional, Pengalaman Mendeteksi Fraud.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:48
Last Modified: 23 Sep 2024 06:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44153

Actions (login required)

View Item View Item