Analisis penerapan sistem pengendalian internal berdasarkan kerangka kerja COSO untuk meningkatkan kinerja keuangan (studi kasus: PT ABC)

Lumampauw, Adrianus (2023) Analisis penerapan sistem pengendalian internal berdasarkan kerangka kerja COSO untuk meningkatkan kinerja keuangan (studi kasus: PT ABC). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagra.

[img]
Preview
Text
Adrianus Lumampauw 126231017 JA.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pengendalian internal yang disusun menurut kerangka kerja COSO ERM pada kinerja keuangan PT ABC dalam periode tutup buku tahun 2022 dan 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dimana penelitian akan mengukur dan menggambarkan suatu fenomena social tertentu dengan pengumpulan data terkait proses pengendalian internal PT ABC dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan pengumpulan bukti pendukung lain guna mendukung keterangan dari PT ABC. Kemudian, dilakukan analisis laporan keuangan guna melihat pengaruh penerapan pengendalian internal terhadap kinerja keuangan PT ABC. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT ABC telah mengimplementasikan sebagian konsep pengendalian internal berdasarkan kerangka kerja COSO ERM dan masih terdapat komponen yang perlu dilaksanakan. Selain itu, terdapat hubungan antara implementasi pengendalian internal dan kinerja keuangan PT ABC yang dilihat dari perbaikan rasio keuangan serta peningkatan jumlah laba. Kata Kunci: Pengendalian Internal, COSO ERM, Kinerja Keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:38
Last Modified: 23 Sep 2024 06:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44351

Actions (login required)

View Item View Item