Pengaruh leveerage, firm size, profitability, net working capital, dan growth opportunity terhadap cash holding pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Eek Indonesia

Wardani, Asih Martha (2023) Pengaruh leveerage, firm size, profitability, net working capital, dan growth opportunity terhadap cash holding pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Eek Indonesia. Masters thesis, Universitas Tarumanagra.

[img]
Preview
Text
Asih Martha Wardani 126231045 JA.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Bank adalah perusahaan yang bergerak di bidang keuangan dan memiliki kegiatan operasional utama dalam menghimpun dana, menyalurkan dana, dan memberikan jasa keuangan sehingga sangat berkaitan erat dengan cash holding. Pada perusahaan perbankan, kepemilikan cash holding dipengaruhi oleh beberapa aspek di antaranya leverage, firm size, profitability, net working capital, dan growth opportunity yang diuji pada penelitian ini. Data yang dianalisis merupakan data sekunder yang dikumpulkan dari 43 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode tahun 2019-2023. Prosedur analisis data berupa uji regresi linear berganda dan uji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS Statistics. Hasil penelitian ini adalah leverage, net working capital, dan growth opportunity memiliki pengaruh signifikan positif ke cash holding dan firm size memiliki signifikan negatif ke cash holding. Untuk profitability tidak memiliki pengaruh ke cash holding. Kata Kunci: Cash Holding, Leverage, Firm Size, Profitability, Net Working Capital, Growth Opportunity.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 09 Sep 2024 11:17
Last Modified: 23 Sep 2024 06:33
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44363

Actions (login required)

View Item View Item