Pengaruh austempering poros belakang go-kart terhadap sifat ketangguhan dan morphology struktur mikro (TM - 1379)

Kurniawan, Ryan (2024) Pengaruh austempering poros belakang go-kart terhadap sifat ketangguhan dan morphology struktur mikro (TM - 1379). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
515190035_RYAN_Cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
515190035_RYAN_Pengesahan.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
515190035_RYAN_Daftar Isi.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text
515190035_RYAN_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
515190035_RYAN_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)
[img] Text
515190035_RYAN_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[img] Text
515190035_RYAN_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)
[img] Text
515190035_RYAN_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
515190035_RYAN_Daftar Pustaka.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Go-Kart adalah kendaraan roda empat yang memiliki karakteristik seperti sepeda motor. Selain itu, karena Go-kart tidak memiliki peredam kejut, mesin yang digunakan juga harus seminimal mungkin untuk menghasilkan getaran. Poros merupakan salah satu bagian stasioner yang berputar biasanya berpenampang bulat, biasanya terpasang elemen seperti roda gigi, poros menerima beban secara terus menerus yang berakibat poros tersebut patah. Kegagalan poros sering terjadi yang disebabkan oleh insiden. Insiden terjadi dikarenakan komponen yang digunakan oleh poros Go-Kart harus menggunakan bahan yang ringan sehingga kerja poros lebih cepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik kekuatan poros roda belakang Go-Kart terhadap sifat mekanis dengan material baja ASTM A414 Grade A setelah uji bending test, uji impact dan uji struktur mikro. apakah ada pengaruh temperatur poros roda belakang Go-Kart dengan material baja ASTM A414 Grade A terhadap ketangguhan dan kelengkungan setelah melalui proses normalizing dan proses tempering. Metode dilakukan menggunakan metode proses perlakukan panas, pengujian bending tiga titik, pengujian Impact metode Charpy dan pengujian struktur mikro. Nilai harga impact tertinggi diperoleh pada proses normalizing 850°C dan proses tempering 300°C yaitu pada spesimen B yaitu 0,644 joule/mm2. Nilai harga impact paling rendah didapat pada proses normalizing 800°C dan proses tempering 250 °C yaitu pada spesimen A yaitu 0,190 joule/mm2. Hasil pengujian bending dengan proses normalizing 850°C dan proses tempering 300°C pada specimen B memiliki nilai kekuatan bending tiga titik terbesar, yaitu sebesar 2520,1 N/mm2. Hasil pengujian bending tiga titik terendah diperoleh pada Spesimen C dengan proses normalizing 900 °C dan proses tempering 350 °C, sebesar 2255,4 N/mm2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 15 Sep 2024 11:58
Last Modified: 15 Sep 2024 11:58
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44569

Actions (login required)

View Item View Item