Perancangan buku cerita pop-up interaktif makanan khas Betawi untuk anak usia 7-12 tahun (DKV - 3023)

Jonathan, Alvin Christian (2024) Perancangan buku cerita pop-up interaktif makanan khas Betawi untuk anak usia 7-12 tahun (DKV - 3023). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
625200050_ALVIN_Cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
625200050_ALVIN_Pengesahan.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
625200050_ALVIN_Daftar Isi.pdf

Download (7kB) | Preview
[img] Text
625200050_ALVIN_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
625200050_ALVIN_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
625200050_ALVIN_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
625200050_ALVIN_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
625200050_ALVIN_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img]
Preview
Text
625200050_ALVIN_Daftar Pustaka.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Indonesia memiliki keberagaman budaya dengan filosofinya masing-masing. Salah satu ragam budaya yang sering menjadi topik yang diperbincangkan yaitu budaya kuliner tradisional. Namun, karena kurangnya pengenalan lebih dalam dan diperhatikan masyarakat, tak jarang beberapa dari negara lain mencoba untuk merebut budaya Nusantara, salah satunya adalah Malaysia. Budaya kuliner tradisional menjadi salah satu ragam budaya yang paling banyak direbut. Disamping itu, Jakarta menjadi pusat kota yang banyak menarik perhatian, terutama dalam keberagaman etnis dan kulinernya. Etnis Betawi merupakan suka asli Jakarta yang memiliki kuliner khasnya tersendiri. Akan tetapi diantara banyaknya budaya kuliner Nusantara yang diangkat, ternyata makanan khas Betawi paling jarang dibicarakan oleh masyarakat dan seakan-akan langka di rumah'nya sendiri dan kalah dengan munculnya kuliner-kuliner yang lebih menarik. Terlebih kepada anak-anak yang cenderung lupa dan lebih memilih makanan luar negeri ketimbang makanan khas Betawi. Target audiens anak-anak berusia 7-12 tahun yang suka membaca buku cerita. Pemilihan target audiens dilakukan karena anak-anak patut melestarikan budaya tanah air dan mereka lebih cepat menyerap pengetahuan baru. Pengumpulan data menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan melalui wawancara dan studi literatur. Permasalahan ini dikemas dengan menggunakan media buku cerita pop-up interaktif karena setelah melakukan riset, belum ditemukan buku yang membahas makanan khas Betawi dengan gaya yang berbeda, seperti buku pop-up interaktif berlatar era masa depan. Penggunaan buku pop-up karena praktis digunakan, memiliki dimensi sebagai penambah antusiasme anak, dan dapat mengembangkan kreativitas dan interaktivitas anak. Tujuan perancangan agar anak-anak Indonesia dapat antusias untuk mengenal makanan khas Betawi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 16 Sep 2024 09:29
Last Modified: 16 Sep 2024 09:29
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44575

Actions (login required)

View Item View Item