Perancangan videografi wisata bersejarah di Pasarbaru (DKV - 3026)

Maharani, Desnalia (2024) Perancangan videografi wisata bersejarah di Pasarbaru (DKV - 3026). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
625200044_DESNALIA_Cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
625200044_DESNALIA_Pengesahan.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
625200044_DESNALIA_Daftar Isi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] Text
625200044_DESNALIA_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
625200044_DESNALIA_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
625200044_DESNALIA_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
625200044_DESNALIA_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
625200044_DESNALIA_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img]
Preview
Text
625200044_DESNALIA_Daftar Pustaka.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Warisan budaya merupakan hasil budaya fisik (tangible) dan nilai budaya (intangible) dari masa lalu. Keberadaan bangunan sejarah, situs atau monumen merupakan potensi terhadap pengembangan heritage tourism atau disebut sebagai wisata warisan budaya sebagai alternatif pengembangan pariwisata di perkotaan. Salah satu warisan budaya di Indonesia adalah wisata Pasar Baru. Pasar Baru ini didirikan pada tahun 1820, dianggap sebagai pusat perdagangan yang memiliki nilai sejarah dan kultural. Awalnya sederhana, pasar ini berkembang menjadi pusat aktivitas ekonomi Jakarta pada tahun 1950 dan dianggap bergengsi pada era Orde Baru tahun 1970. Namun, seiring dengan modernisasi dan kehadiran pusat perbelanjaan yang lebih modern, Pasar Baru mengalami penurunan pengunjung setiap tahunnya. Banyak toko besar tutup, dan pada tahun 2019-2021, pasar ini sepi pengunjung, yang diperparah oleh pergantian pengelolaan wilayah perdagangan. Untuk mengatasi masalah ini, direncanakan pembuatan videografi wisata bersejarah Pasar Baru sebagai upaya untuk mempromosikan dan mengangkat pasar tersebut dari keterpurukan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitati dengan pengumpulan data melalui studi pustaka, wawancara dan observasi. Hasil wawancara dengan owner mendapatkan informasi mengenai seputar sejarah ataupun perkembangan objek wisata bersejarah yang ada di Pasar Baru. Observasi yang dilakukan dengan mengikuti tur guide yang menjelaskan mengenai objek bersejarah di Pasar Baru. Melalui penerapan komunikasi visual yang tepat, digunakan perancangan videografi objek wisata bersejarah di Pasar Baru sebagai media promosi dan edukasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 16 Sep 2024 10:16
Last Modified: 16 Sep 2024 10:16
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44578

Actions (login required)

View Item View Item