Analisis manajemen piutang (studi pada PT Sarijan International Digital School and Training Indonesia perusahaan penyedia pelatihan)

Aziz, Muhammad Abdil (2023) Analisis manajemen piutang (studi pada PT Sarijan International Digital School and Training Indonesia perusahaan penyedia pelatihan). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Muhammad Abdil Aziz 126231105 JA.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang manajemen piutang dan sistem pengendalian internal pada PT Sarijan International Digital School and Training Indonesia. Piutang menjadi aspek penting dalam keberlangsungan operasional perusahaan karena berkaitan dengan penerimaan pendapatan dari pelatihan yang diselenggarakan. Namun, efektif dalam manajemen piutang dan baiknya pengendalian internal diperlukan sekali untuk meminimalisir risiko yang terkait dengan piutang, seperti piutang macet. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara dengan pihak terkait dan studi dokumentasi terkait proses manajemen piutang dan sistem pengendalian internal di perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Sarijan International Digital School and Training Indonesia telah melaksanakan sebagian besar tahapan dalam manajemen piutang, meskipun masih terdapat beberapa masalah seperti pembuatan dokumen dan pencatatan akuntansi yang masih manual. Kesimpulannya, penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang manajemen piutang dan sistem pengendalian internal di PT Sarijan International Digital School and Training Indonesia, serta memberikan saran yang dapat membantu perusahaan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan piutang. Kata kunci : manajemen piutang, pengendalian internal, dan perusahaan penyedia pelatihan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 17 Sep 2024 08:40
Last Modified: 23 Sep 2024 05:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44590

Actions (login required)

View Item View Item