Faktor-faktor implementasi sistem informasi pemerintah daerah (SIPD) pada Kabupaten Majene dengan menggunakan technology acceptance moel (TAM)

Saudi, Nur Fajar Indrawan (2023) Faktor-faktor implementasi sistem informasi pemerintah daerah (SIPD) pada Kabupaten Majene dengan menggunakan technology acceptance moel (TAM). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Nur Fajar Indrawan Saudi 126231113 JA.pdf

Download (476kB) | Preview

Abstract

Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) adalah sistem yang digunakan oleh pemerintah daerah untuk memudahkan dalam perencanaan hingga pengelolaan keuangan. Masih barunya implementasi SIPD pada pemerintah daerah membuat perlunya penelitian lebih jauh yang menguji tentang faktor-faktor implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) untuk menguji faktor-faktor keberterimaan aplikasi SIPD pada Pemerintah Daerah Kabupaten Majene. Penelitian ini menggunakan survei untuk pengumpulan data serta SEM-PLS untuk analisis data dengan bantuan aplikasi Warp-PLS 8.0. Hasilnya adalah persepsi kemudahan (perceived ease of use) dari aplikasi SIPD berpengaruh positif terhadap persepsi kegunaan (perceived usefulness). Selanjutnya persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan dari aplikasi SIPD berpengaruh positif terhadap sikap penggunaan (attitude towards using) yang selanjutnya akan mempengaruhi keputusan penggunaan sistem sesungguhnya (actual system use). Kata Kunci: Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), Technology Acceptance Model (TAM)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 20 Sep 2024 06:50
Last Modified: 23 Sep 2024 04:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44694

Actions (login required)

View Item View Item