Perancangan komunikasi visual edukasi menyikapi perundungan dalam Sekolah Menengah Atas (DKV - 3044)

Angkasa, Vincent Leonard (2024) Perancangan komunikasi visual edukasi menyikapi perundungan dalam Sekolah Menengah Atas (DKV - 3044). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
625200010_VINCENT_Cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
625200010_VINCENT_Pengesahan.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
625200010_VINCENT_Daftar Isi.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text
625200010_VINCENT_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
625200010_VINCENT_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
625200010_VINCENT_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
625200010_VINCENT_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[img] Text
625200010_VINCENT_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
625200010_VINCENT_Daftar Pustaka.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Perundungan di lingkungan sekolah telah menjadi permasalahan yang serius di Indonesia. Namun, masih banyak siswa sekolah menengah atas (SMA) yang menganggap perundungan hanya berupa tindakan yang ekstrem, mengabaikan tindakan kecil yang sering dianggap sepele seperti perundungan sosial dan verbal. Siswa juga kerap enggan bercerita kepada orang terdekatnya ketika menjadi korban perundungan sosial dan verbal yang dapat menyulitkan penyelesaian masalah itu sendiri. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah komunikasi visual edukatif dan reflektif mengenai perundungan di sekolah menengah atas yang mampu menambah wawasan serta membuat siswa berpikir ulang mengenai perilaku perundungan di sekolahnya. Target audiens yang dituju dalam perancangan ini adalah siswa SMA berusia 15-17 tahun berjenis kelamin pria dan wanita yang bersekolah di SMA Jakarta. Target merupakan pelajar yang aktif menggunakan media sosial untuk mencari hiburan, edukasi dan berita. Target juga menyukai konten edukatif dan konten yang mengandung cerita, dan target juga tertarik untuk menambah pengetahuan serta wawasan melalui media sosial. Proses perancangan mengikuti langkah-langkah mulai dari identifikasi masalah, mengumpulkan data, menganalisa data, mencari insight, big idea, dan small idea, serta melaksanakan proses kreatif. Selain itu proses perancangan ini juga menggunakan metode- metode seperti 5T, 5A, dan spurring action sehingga hasil akhir dapat semakin sesuai dengan target dan mampu mengubah perilaku target. Hasil dari perancangan adalah kampanye bernama See the Unseen yang mengedukasi tentang perundungan sosial dan verbal serta ajakan kepada siswa SMA untuk mau terbuka dan bercerita kepada orang terdekat terkait permasalahan yang dialami di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 21 Sep 2024 09:45
Last Modified: 21 Sep 2024 09:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44746

Actions (login required)

View Item View Item