PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Sachio, Richardo Rizky (2023) PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Richardo Rizky Sachio 125200190 JA.pdf

Download (652kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang faktor – faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah leverage , likuiditas, profitabilitas, ukuran perusahaan dan kepemilikan institusional. Data perusahaan ini diperoleh dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2020- 2022. Sampel penelitian ini diperoleh melalui metode purposive sampling , dimana hanya terdapat 28 perusahaan yang memenuhi kriteria sampling penelitian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Di sisi lain, leverage, likuiditas, ukuran perusahaan dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: Nilai perusahaan, leverage, likuiditas, profitabilitas, ukuran perusahaan, kepemilikan institusional. UNIVERSITAS TARUMANAGARA FAKULTAS EKONOMI JAKARTA THE INFLUENCE OF LEVERAGE, LIQUIDITY, PROFITABILITY, FIRM SIZE, AND INSTITUTIONAL OWNERSHIP ON FIRM VALUE ABSTRACT This research aims to obtain empirical evidence about the factors that influence company value. The independent variables used in this research are leverage, liquidity, profitability, firm size and institutional ownership. This company data was obtained from manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange during 2020-2022. This research sample was obtained through a purposive sampling method, where there were only 28 companies that met the research sampling criteria. Hypothesis testing is carried out using multiple regression analysis. The research results show that profitability influences company value. On the other hand, leverage, liquidity, firm size and institutional ownership have no effect on company value. Keywords: Firm value, leverage, liquidity, profitability, firm size, institutional ownership.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 25 Sep 2024 01:15
Last Modified: 25 Sep 2024 01:15
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44804

Actions (login required)

View Item View Item