Kaitan antara profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Kusuma, Margareth (2023) Kaitan antara profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Other thesis, u.

[img]
Preview
Text
Margareth Kusuma 126222060 JA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu indikator yang digunakan oleh investor guna menentukan pilihan untuk berinvestasi adalah membaca dari nilai perusahaan. Makin tinggi nilai dari suatu perusahaan, artinya perusahaan tersebut layak untuk dimiliki sahamnya karena kemampuan perusahaan menghasilkan laba perusahaan cukup baik. Rasio profitabilitas dapat digunakan untuk menilai apakah perusahaan beroperasi dengan efektif dan efisien. Makin tinggi nilai profitabilitas, maka akan menarik perhatian investor. Selain itu, investor akan mempertimbangkan pilihan investasinya dari segi permodalan suatu perusahaan. DER digunakan untuk mengetahui sumber permodalan perusahaan. Faktor yang paling mudah dibaca oleh pemodal untuk berinvestasi adalah Ukuran Perusahaan, karena pada umumnya investor berinvestasi ke perusahaan yang cenderung besar, sehingga ukuran perusahaan juga dapat menjadi pengaruh bagi pertimbangan nilai perusahaan. Tujuan dari penelitian adalah untuk menguji kaitan antara profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi primer yang telah listing di pasar saham Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022. Total terdapat 46 perusahaan yang akan menjadi sample dan dijalankan dengan metode purposive sampling. Peneliti menggunakan aplikasi untuk membantu pengujian statistik pada penelitian ini yaitu Statistical Product and Service Solution (SPSS) untuk mengukur statistik deskriptif, uji normalitas variabel, dan uji hipotesis. Hasil dari uji hipotesis non-parametrik menggunakan uji spearman rho menunjukkan bahwa profitabilias mempunyai signifikansi kaitan yang sangat kuat dengan keterkaitan arah yang positif pada nilai perusahaan. Penelitian ini juga menunjukkan hasil bahwa leverage mempunyai kaitan signifikansi yang sangat lemah dengan kaitan yang searah terhadap nilai perusahaan, lalu penelitian ini juga menunjukkan hasil bahwa ukuran perusahaan mempunyai keterkaitan signifikansi yang sangat lemah dengan kaitan yang tidak searah terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Teori Sinyal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 26 Sep 2024 06:56
Last Modified: 26 Sep 2024 06:56
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44823

Actions (login required)

View Item View Item