Strategi peningkatan kualitas dan efisiensi proses dalam produksi es krim dengan metode Lean Six Sigma (T. Ind - 844)

Nowescophor, Ryu (2024) Strategi peningkatan kualitas dan efisiensi proses dalam produksi es krim dengan metode Lean Six Sigma (T. Ind - 844). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
545200015_RYU_Cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
545200015_RYU_Pengesahan.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
545200015_RYU_Daftar Isi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text
545200015_RYU_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
545200015_RYU_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
545200015_RYU_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
545200015_RYU_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
545200015_RYU_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
Text
545200015_RYU_Daftar Pustaka.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Pada zaman sekarang, semua perusahaan berlomba-lomba untuk memenangkan persaingan yang ketat. Kualitas yang bagus merupakan salah satu faktor penunjang yang dapat membuat sebuah perusahaan bertahan di tengah persaingan yang ketat. PT XYZ merupakan sebuah perusahaan yang terletak di kota Tangerang yang bergerak di bidang produksi es krim. Penelitian ini dilakukan dengan metode lean six sigma dengan tahapan DMAIC. Bedasarkan hasil observasi dan studi literatur, didapatkan bahwa persentase reject pada proses produksi yang dilakukan oleh PT XYZ masih berada di angka 3% sehingga masih tergolong tinggi. Selain itu, bedasarkan hasil analisis data dengan menggunakan kuesioner WAM, didapatkan bahwa terdapat beberapa waste yang terjadi di PT XYZ yaitu waste defect, overproduction, dan inventory. Melalui perhitungan dan analisa data juga didapatkan bahwa tingkat efesiensi perusahaan saat ini adalah sebesar 33,53%, nilai DPMO sebesar 9906 produk, dan nilai sigma perusahaan sebesar 3,83. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan mencari penyebab terjadinya defect dan waste dengan bantuan tools why-why analysis dan failure mode and effect analysis. Setelah mengetahui penyebab terjadinya waste dan defect, penelitian dilanjutkan dengan memberikan beberapa usulan perbaikan, yaitu penggunaan checksheet pada proses produksi, penggunaan label tag, pembuatan SOP, dan lain sebagainnya. Hasil dari usulan perbaikan ini adalah terjadinya penurunan persentase defect menjadi 2,04%, penurunan DPMO menjadi 6605 produk, dan kenaikan nilai sigma perusahaan menjadi 3,97.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 05 Jan 2025 04:42
Last Modified: 05 Jan 2025 04:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45380

Actions (login required)

View Item View Item