Gambaran Konflik Anak Didik Remaja Kasus Pembunuhan (Studi Pada Anak Didik Yang Sedang Menjalani Masa Tahanan Di Lapas Anak Pria Tangerang)

Yansens, Yansens (2010) Gambaran Konflik Anak Didik Remaja Kasus Pembunuhan (Studi Pada Anak Didik Yang Sedang Menjalani Masa Tahanan Di Lapas Anak Pria Tangerang). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ABSTRAK.doc (3).pdf

Download (56kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran konflik anak didik kasus pembunuhan yang sedang menjalani masa tahanan. Konflik adalah pertentangan antara kekuatan yang berhadapan dalam fungsi manusia yang tidak dapat dihindarkan ketika suatu harapan, minat atau pendirian seseorang tidak sejalan dengan orang lain. Subyek dalam penelitian ini berjumlah lima orang yang merupakan anak didik remaja kasus pembunuhan dan sedang menjalani masa tahanan di Lembaga Pemasyarakatan Anak Pria Tangerang. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mewawancarai lima subyek tersebut. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa konflik yang dialami oleh anak didik adalah konflik dengan keluarga yang telah terjadi sebelum memasuki masa tahanan dan perbedaan lingkungan yang mereka rasakan selama berada di Lapas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ditemukan bahwa hanya dua subyek yang mengalami konflik atas tindakan pembunuhan yang telah dilakukan. Cara penyelesaian konflik yang paling banyak digunakan oleh subyek adalah menguraikan persoalan dengan mengambil pendekatan positif serta penarikan diri dari sumber konflik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Miniwaty Halim, M.Psi., Psi; Dra. Ninawati, MM
Uncontrolled Keywords: Konflik, Cara Penyelesaian Konflik, Remaja, Lembaga Pemasyarakatan Anak
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 Feb 2019 07:42
Last Modified: 01 Jul 2022 08:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/10183

Actions (login required)

View Item View Item