Efektivitas terapi untuk meningkatkan komunikasi dua arah pada anak usia menengah yang mengalami autisme

Tjandra, Farida (2009) Efektivitas terapi untuk meningkatkan komunikasi dua arah pada anak usia menengah yang mengalami autisme. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
T5.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan terapi floor time dalam meningkatkan komunikasi dua arah pada anak usia menengah yang mengalami autisme. Indikator komunikasi dua arah dalam penelitian ini terbagi dalam empat aspek yaitu a) menanggapi gerak isyarat anda dengan gerak bertujuan, b) memulai suatu interaksi, c) interaksi timbal balik, d) mengekspresikan emosi. Floor time adalah teknik yang secara bersamaan mengikuti pimpinan anak dan menantang anak untuk dapat menguasai tahap perkembangan yang lebih baik dalam aspek intelektual, emosional dan sosial. Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia menengah yang mengalami autisme dan berjumlah 2 orang. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan metode floor time efektif untuk meningkatkan komunikasi dua arah pada anak usia menengah yang mengalami autisme.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Anak usia menengah, autisme, komunikasi dua arah, metode floor time.
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 07 Feb 2019 01:17
Last Modified: 07 Feb 2019 01:17
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/10266

Actions (login required)

View Item View Item