Motivasi dan pengembangan professional guru dalam mengajar murid berkebutuhan khusus

Winy, Winy (2010) Motivasi dan pengembangan professional guru dalam mengajar murid berkebutuhan khusus. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
t12.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Pengajaran anak berkebutuhan khusus membutuhkan keterampilan khusus dan dedikasi yang tinggi. Guru anak berkebutuhan khusus harus memiliki pengetahuan, pemahaman, dan karakter tersendiri untuk dapat menangani anak-anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang ingin mendapatkan gambaran mengenai motivasi dan pengembangan diri guru untuk anak berkebutuhan khusus yang telah mengabdi selama lebih dari sepuluh tahun pada pendidikan anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini juga ingin mengetahui pengembangan profesional yang dilakukan guru untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan karakter profesional. Wawancara dan intervensi dilakukan antara tanggal 12 Agustus sampai tanggal 19 November 2009 terhadap dua orang subyek yang terdiri dari guru Sekolah Luar Biasa C yang telah mengabdi selama 15 tahun mengajar anak berkebutuhan khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi awal guru memilih profesi ini mungkin berbeda-beda namun pada akhirnya motivasi mereka bertahan pada profesi ini adalah karena kasih sayang mereka kepada anak-anak ini. Lebih lanjut lagi, motivasi guru bertahan dalam profesi ini adalah karena perasaan positif yang dirasakan saat mengajar dan berinteraksi dengan anak-anak ini. Hasil penelitian juga berikutnya menunjukan bahwa guru yang mengikuti kegiatan-kegiatan dalam pengembangan profesional mempunyai pengetahuan dan pemahaman yang lebih mengenai pendidikan anak berkebutuhan khusus. Kajian lanjut dari hasil penelitian ini juga menemukan bahwa intervensi terhadap pengetahuan partisipan berhasil meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap pengembangan profesional dan retardasi mental. Pengembangan profesional juga harus terus dilakukan karena perkembangan jaman dan teknologi terus menuntut perkembangan keterampilan seseorang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Pengembangan profesional, Guru anak berkebutuhan khusus.
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 07 Feb 2019 01:45
Last Modified: 07 Feb 2019 01:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/10279

Actions (login required)

View Item View Item