Giamsyah, Indira (2011) Modifikasi perilaku dengan pemberian positive reinforcement untuk meningkatkan control diri anak ADHD. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.
|
Text
BAB I-VI.pdf Download (74kB) | Preview |
Abstract
ADHD adalah salah satu gangguan perkembangan kanak-kanak yang paling sering ditemukan. Anak ADHD terlihat kesulitan dalam mengontrol aktivitas mereka karena kontrol diri yang rendah. Anak dengan ADHD seringkali menunjukkan perilaku inatensi, hiperaktif, dan impulsif. Perilaku-perilaku ini menyebabkan anak mengalami kendala dalam bidang sosial, akademis, dan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi modifikasi perilaku dengan positive reinforcement dalam meningkatkan kontrol diri anak ADHD. Intervensi pemberian positive reinforcement dalam penelitian ini dilakukan dalam setting bermain. Subyek dalam penelitian ini adalah anak ADHD usia sekolah dengan tipe kombinasi, yang dipilih dengan teknik purposive sampling, dan merupakan kasus tunggal. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil dari penelitian menunjukkan penerapan terapi modifikasi perilaku dengan positive reinforcement yang dilaksanakan sebanyak 9 sesi berpengaruh dalam meningkatkan kontrol diri anak ADHD usia sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADHD, kanak-kanak pertengahan, kontrol diri, modifikasi perilaku, positive reinforcement. |
Subjects: | Tesis Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 07 Feb 2019 06:26 |
Last Modified: | 07 Feb 2019 06:26 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/10369 |
Actions (login required)
View Item |