Cognitive Behavior Therapy dalam Menanggulangi Perilaku Bullies di Sekolah Pada Remaja Awal

Sulistiawati, Monica (2012) Cognitive Behavior Therapy dalam Menanggulangi Perilaku Bullies di Sekolah Pada Remaja Awal. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
kata pengantar,daftar isi,tabel,lampiran,abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Bullying merupakan suatu bentuk tindakan awal dari agresi, namun seringkali hanya dianggap sebagai bagian dari gurauan. Banyak kasus bullying terjadi di berbagai negara, termasuk di Indonesia, dengan berbagai dampak negatif yang ditimbulkan, tidak hanya bagi korban namun juga pelakunya. Terdapat banyak faktor yang menyebabkan seseorang menjadi bullies, salah satunya adalah kurangnya kedekatan emosional dengan orangtua dan pemberian hukuman fisik. Bullies kemudian berusaha mencari perhatian dan penerimaan dari teman dengan menyakiti teman lainnya. Di dalam penelitian ini, Cognitive-Behavior Therapy diberikan pada bullies agar bullies dapat menyadari kesalahannya dalam berpikir dan memperbaiki perilakunya, yakni tidak lagi menyakiti teman untuk mendapatkan kepuasan pribadi. Penelitian dilakukan dari bulan Maret hingga November 2012 terhadap seorang siswa SMP berusia 14 tahun. Peneliti menggunakan Alat Ukur Perilaku Bullying sebelum dan sesudah pemberian intervensi untuk mengukur intensitas perilaku bullying yang dilakukan selama dua bulan terakhir. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan intensitas perilaku bullying yang dilakukan partisipan. Partisipan juga menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengendalikan diri, khususnya dalam hal pengendalian emosi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: bullying, bullies, Cognitive-Behavior Therapy, CBT, remaja awal
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 08 Feb 2019 07:11
Last Modified: 08 Feb 2019 07:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/10565

Actions (login required)

View Item View Item