PENATAAN BAHAN PUSTAKA NON BUKU (DOKUMEN) KOLEKSI PERPUSTAKAAN REKSO PUSTOKO PURA MANGKUNEGARAN, SURAKARTA, JAWA TENGAH

Priyomarsono, Naniek Widayati and Harsiti, Harsiti (2018) PENATAAN BAHAN PUSTAKA NON BUKU (DOKUMEN) KOLEKSI PERPUSTAKAAN REKSO PUSTOKO PURA MANGKUNEGARAN, SURAKARTA, JAWA TENGAH. Kumpulan Abstrak Prosiding Seminar Nasional.

[img]
Preview
Text
PENATAAN BAHAN PUSTAKA NON BUKU (DOKUMEN) KOLEKSI PERPUSTAKAAN REKSO PUSTOKO PURA MANGKUNEGARAN, SURAKARTA, JAWA TENGAH.pdf

Download (918kB) | Preview

Abstract

Pura Mangkunegaran di Surakarta menyimpan banyak budaya unik, klasik serta karya arsitektur yang mengagumkan. selain itu mempunyai perpustakaan 13.871 judul buku, 40.000 gambar/foto, dan lebih dari 15.000 judul dokumen tertulis dan naskah kuno. Masalah yang timbul adalah faktor finansial sehingga belum bisa menggunakan tenaga profesional baik kuantitas dan kualitas. Penyimpanan dokumen juga belum tertata dan terawat dengan baik, sehingga pencarian data sangatlah sulit dan secara fisik data dokumen menjadi pudar bahkan ada yang rusak. Dilain pihak, eksistensi Pura Mangkunegaran sebagai lokal wisata dibuka untuk umum, setiap harinya perpustakaan Rekso Pustoko banyak dikunjungi para siswa, mahasiswa, pengajar, dan peneliti dalam mencari informasi. Alasan tersebut mendorong Universitas Tarumanagara melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DPPM), melakukan penataan koleksi perpustakaan Rekso Pustaka dengan cara; 1. Mengidentifikasi bahan pustaka non buku dalam bentuk dokumen, 2. Memasukkan diskripsi data dokumen ke dalam basis data komputer, dan mencetak bibliografi. Tujuan penataan tersebut untuk memudahkan pengelolaan informasi, mengoptimalkan pemanfaatan serta melestarikan dokumen. metode pelaksanaannya melalui; identifikasi, diskripsi, analisis subyek setiap bahan pustaka, memasukkan diskripsi data dokumen ke dalam basis data komputer, menyusun bibligrafi dokumen. Luaran yang diharapkan; Terealisasinya penataan bahan pustaka non buku, terpublikasinya informasi melalui internet, menciptakan sistem terintegrasi yang lebih luas.

Item Type: Article
Subjects: Penelitian
Penelitian > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Unnamed user with email repository@untar.ac.id
Date Deposited: 14 Feb 2019 06:32
Last Modified: 16 Apr 2021 04:02
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/10879

Actions (login required)

View Item View Item