Analisis pengaruh kepemilikan manajerial, ukuran komisaris, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap keterlambatan laporan keuangan audit dengan reputasi KAP sebagai variabel pemoderasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2013-2017. /Christiana Marcella

Marcella, Christiana (2018) Analisis pengaruh kepemilikan manajerial, ukuran komisaris, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap keterlambatan laporan keuangan audit dengan reputasi KAP sebagai variabel pemoderasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2013-2017. /Christiana Marcella. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Christiana Marcella 127161011 JA.pdf.pdf

Download (402kB)

Abstract

Keterlambatan Laporan Keuangan Audit (audit delay) merupakan rentang waktu audit yang mengidentifikasikan lamanya auditor dalam menyelesaikan pekerjaan auditnya. Kepemilikan manajerial, ukuran komisaris, Ukuran perusahaan dan profitabilitas adalah salah satu faktor yang mempengaruhi audit delay. Namun faktor tersebut memiliki pengaruh yang tidak konsisten, dan diduga hal tersebut dimoderasi oleh reputasi KAP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kepemilikan Manajerial, Ukuran Komisaris, Ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap Keterlambatan Laporan Kuangan Audit (audit delay) dengan reputasi KAP sebagai pemoderasi. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 20a13-2017. Jumlah sampel adalah 45 perusahaan dengan 225 pengamatan. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling. Data yang digunakan yaitu sekunder berupa laporan keuangan. Teknik analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis menggunakan eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemilikan Manajerial, Ukuran Komisaris, Ukuran perusahaan tidak berpengaruh pada audit delay. Akan tetapi, profitabilitas berpepengaruh signifikan terhadap audit delay. Sedangkan Reputasi KAP terbukti memoderasi pengaruh profitabilitas pada audit delay.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 25 Apr 2019 06:58
Last Modified: 10 Apr 2023 04:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/11984

Actions (login required)

View Item View Item