PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK CONSUMER GOODS (STUDI KASUS DI ROYAL BAKERY)

Sukania, I Wayan PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK CONSUMER GOODS (STUDI KASUS DI ROYAL BAKERY). Karya Ilmiah Dosen.

[img]
Preview
Text
1553-3422-1-PB.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview

Abstract

Indonesia dikenal memiliki banyak perusahaan penghasil makanan. Salah satunya adalah Perusahaan Royal Bakery yaitu usaha kecil penghasil roti kering, roti basah dan berbagai jenis kue. Produknya digunakan oleh perorangan dan disalurkan ke warung ataupun kantin dan toko makanan. Disebabkan banyaknya pesanan, maka perusahaan ini beroperasi 6 hari dalam seminggu. Proses pembuatan roti lebih didominasi oleh pekerjaan manual seperti membuat adonan, membagi bahan, mengoven dan memanggang. Untuk menjaga kualitas, proses pembuatan roti ini memerlukan tingkat ketelitian aktifitas dan prosedur yang tepat sehingga produk cacat dapat dihindarkan. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data selama 5 hari, penarikan sampel 50 buah roti sebanyak 4 kali sehari dengan total pengamatan 20 kali. Diperoleh data bahwa cacat terbesar adalah gosong, diikuti dengan bantet (kecil/tidak mengembang) dan permukaan roti tidak mulus. Dengan peta kendali 3 σ diketahui bahwa mutu produk masih terkendali. Namun untuk meningkatkan kualitas produk, beberapa tindakan dapat dilakukan yaitu meningkatkan ketrampilan pekerja, lebih mengetatkan komposisi adonan, waktu pembuatan adonan dan waktu pemanggangan yang tepat. Kata kunci: komposisi dan waktu pembuatan adonan, pengovenan, kendali mutu

Item Type: Article
Subjects: Penelitian > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 24 Mar 2017 09:19
Last Modified: 24 Mar 2017 09:19
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/121

Actions (login required)

View Item View Item