Perbedaan Prestasi Belajar Ditinjau Berdasarkan Pola Asuh Orangtua

Cynthia, Florencia and Agoes, Dariyo and Debora, Basaria (2017) Perbedaan Prestasi Belajar Ditinjau Berdasarkan Pola Asuh Orangtua. Perbedaan Prestasi Belajar Ditinjau Berdasarkan Pola Asuh Orangtua, 10 (2). pp. 123-130. ISSN ISSN:1979-3707

[img]
Preview
Text
REKAP PEER REVIEW.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan sudah selalu menjadi kewajiban mendasar bagi hidup manusia. Pendidikan menyediakan kesempatan kepada anak-anak untuk belajar, menyiapkan masa depan, dan mampu mengubah kehidupan pada masa kini dan generasi di masa depan. Dengan pendidikan, orang-orang dapat memiliki prestasi akademik yang akan berguna dalam kehidupannya. Prestasi akademik pada remaja dapat dipengaruhi oleh pola asuh orangtua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan prestasi akademik remaja berdasarkan pola asuh orangtua. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan memiliki 386 orang subjek. Data diperoleh dari kuesioner pola asuh dan Indeks Prestasi Akademik (IPK). Data diproses menggunakan One Way Anova. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa tidak ada perbedaan dalam prestasi akademik pada remaja berdasarkan pola asuh, baik oleh ayah atau ibu, dengan skor p pada pola asuh ayah = .223 dan skor p pada pola asuh ibu = .737.

Item Type: Article
Subjects: Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 15 Oct 2019 04:51
Last Modified: 15 Oct 2019 04:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12241

Actions (login required)

View Item View Item