Konvergensi Dan Diversifikasi Acara Talk Show (Studi Ekonomi Media Acara Kick Andy)

Lindayani, Lindayani (2011) Konvergensi Dan Diversifikasi Acara Talk Show (Studi Ekonomi Media Acara Kick Andy). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Konvergensi Dan Diversifikasi Acara Talk Show.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview

Abstract

Ekonomi merupakan suatu hal yang tidak bisa terlepas dari perindustrian media. Tanpa dipungkiri dan tak bisa disangkal, ekonomi menjadi salah satu hal utama yang dipikirkan media. Ekonomi layaknya sebuah jantung media yang membuat denyut nadi tetap berdetak dan aliran darah mengalir lancar. Ekonomi membuat sebuah media tetap hidup. Selain ekonomi, media juga memiliki idealisme, khususnya terlihat dalam sebuah program acara, dalam hal ini ialah Kick Andy. Idealisme juga diimbangi dengan aspek bisnis sebagai suatu sinergi yang berjalan beriringan dan seimbang. Selain menjunjung tinggi idealisme, Kick Andy juga memiliki segi ekonomi yakni dengan membuat Kick Andy Enterprise sebagai usaha menyangga kas dana Kick Andy Foundation. Dalam konteks ekonomi media, Voncent Mosco menjelaskan mengenai spasialisasi, yakni usaha media untuk mengatasi hambatan ruang dan waktu. Cara media mengatasi keterbatasan itu ialah dengan melakukan konvergensi dan diversifikasi. Konvergensi dilakukan secara digital dengan memusatkan pandangan ke era digital yakni melalui internet dan teknologi. Dengan menjamah dunia maya merupakan suatu tindakan yang tepat dalam spasialisai karena internet tidak terbatas ruang dan waktu. Selain itu internet mulai ramai dikunjungi masyarakat Indonesia, sehingga memberi informasi atau menjual sesuatu di internet adalah salah satu cara menghemat waktu dan ruang secara efisien. Dalam diversifikasi produk terdapat teori integrasi horizontal dan vertikal yang dikemukakan oleh Albaran. Integrasi horizontal terjadi ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk masuk ke dalam pasar yang berbeda. Sedangkan integrasi vertikal diidentifikasikan sebagai sebuah usaha perusahaan untuk mengendalikan semua aspek kreasi, produksi, distribusi dan pameran yang membentuk rantai nilai media. Dalam hal ini Kick Andy Enterprise telah masuk ke dalam kedua integrasi ini dengan memanfaatkan berbagai media sendiri untuk memproduksi produknya yang disebut in house production. Kedua hal ini yakni konvergensi dan diversifikasi menjadi kunci keberhasilan media mengatasi hambatan ruang dan waktu. Kata Kunci: Ekonomi Media, Spasialisai (konvergensi dan diversifikasi), Pogram Kick Andy

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 14 Jun 2017 03:17
Last Modified: 14 Jun 2017 03:56
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/1266

Actions (login required)

View Item View Item