Ideologi Dalam Konteks Komunikasi Politik (Kajian Semiotik Terhadap Iklan Nasional Demokrat Versi Himne)/Fellicia Evelline Hasang

Evelline Fellicia, Hasang (2011) Ideologi Dalam Konteks Komunikasi Politik (Kajian Semiotik Terhadap Iklan Nasional Demokrat Versi Himne)/Fellicia Evelline Hasang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img]
Preview
Text
Ideologi Dalam Konteks Komunikasi Politik.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang iklan Nasional Demokrat versi ?Himne? yang diluncurkan oleh organisasi masyarakat Nasional. Nasional Demokrat yang merupakan organisasi masyarakat yang ingin mewujudkan ?Restorasi Indonesia? untuk semua bidang kehidupan, baik politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Secara kasat mata, ketika melihat iklan Nasional Demokrat versi ?Himne? ini tidak banyak menampilkan segi politik dalam tayangan maupun kata-kata dalam iklannya. Hal ini dikarenakan politik bersifat abstrak, tetapi bisa dilihat dari simbol-simbol yang digunakan dalam iklan tersebut. Oleh karena itu, penulis menggunakan semiotik Roland Barthes untuk mengungkapkan komunikasi atau mitos politik apa saja yang sebenarnya terkandung dalam gambar dan kata-kata dalam iklan tersebut. Dengan demikian, bisa terlihat bahwa ada maksud politik yang ingin disampaikan oleh Nasional Demokrat kepada seluruh masyarakat Indonesia lewat iklannya tersebut. Kata kunci: Iklan, Ideologi Politik, Semiotik Roland Barthes, Simbol, Mitos.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 19 Jun 2017 06:56
Last Modified: 19 Jun 2017 06:56
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/1379

Actions (login required)

View Item View Item