Usulan Penjadwalan Penggantian dan Pemeriksaan Komponen Kritis Mesin Feeder dan Fanblower(Studi Kasus di PT. Petnesia Resindo)

Latib, Ivanasari and Doaly, Carla O Usulan Penjadwalan Penggantian dan Pemeriksaan Komponen Kritis Mesin Feeder dan Fanblower(Studi Kasus di PT. Petnesia Resindo). Usulan Penjadwalan Penggantian dan Pemeriksaan Komponen Kritis Mesin Feeder dan Fanblower(Studi Kasus di PT. Petnesia Resindo).

[img] Text
buktipenelitian_10317001_4A224543.pdf

Download (811kB)

Abstract

Banyak perusahaan yang tidak memperhatikan perawatan mesin, salah satunya adalah PT. Petnesia Resindo. Perusahaan yang bergerak di bidang plastik ini masih menerapkan cara perawatan secara korektif. Hal ini terbukti menghambat jalannya proses produksi. Oleh karena itu penelitian ini mencoba menerapkan preventive maintenance terhadap mesin yang diajukan perusahaan,. Penelitian dimulai dengan penentuan mesin kritis berdasarkan tingkat OEE. Kedua mesin yaitu mesin feeder dan fanblower adalah termasuk mesin kritis. Dengan aturan “80-20” diagram pareto, maka didapatkan komponen kritis yaitu tapper roll bearing, thrust ball bearing,timing belt, dan disc pack. Setelah analisis uji distribusi, maka didapatkan interval penggantian dan pemeriksaan. Interval penggantian tapper roll bearing adalah 1300 jam, untuk komponen thrust ball bearing adalah 1900 jam, untuk komponen timing belt adalah 3220 jam, dan untuk komponen disc pack adalah 2080 jam.Sedangkan untuk interval pemeriksaan komponen tapper roll bearing adalah 1034 jam, untuk komponen thrust ball bearing adalah 1179 jam, untuk komponen timing belt adalah 2545 jam, dan komponen disc pack adalah 1280 jam. Setelah diterapkan preventive maintenance, maka diharapkan adanya penghematan biaya dan perlambatan laju penurunan tingkat reliability. Penghematan biaya komponen tapper roll bearing sebesar 71%, untuk komponen thrust ball bearing adalah 76%, untuk komponen timing belt adalah 61%, dan komponen disc pack sebesar 59%

Item Type: Article
Subjects: Penelitian > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 22 Dec 2020 13:16
Last Modified: 22 Dec 2020 13:16
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/13807

Actions (login required)

View Item View Item