PERANCANGAN MESIN 3D PRINTER DENGAN METODE REVERSE ENGINEERING (Studi Kasus di Laboratorium Mekatronika dan Robotics Universitas Tarumanagara)

Daywin, Frans J. and Utama, Didi Widya and Kosasih, Wilson Wilson and William, Kevin PERANCANGAN MESIN 3D PRINTER DENGAN METODE REVERSE ENGINEERING (Studi Kasus di Laboratorium Mekatronika dan Robotics Universitas Tarumanagara). PERANCANGAN MESIN 3D PRINTER DENGAN METODE REVERSE ENGINEERING (Studi Kasus di Laboratorium Mekatronika dan Robotics Universitas Tarumanagara).

[img] Text
buktipenelitian_10399012_4A154718.pdf

Download (700kB)

Abstract

Laboratorium Mekatronika dan laboratorium Robotics di Universitas Tarumanagara merupakan laboratorium untuk mempelajari ilmu mekanika, elektronika, dan informatika. Dalam proses produksinya, Laboratorium Mekatronika dan Robotics sangat memperhatikan proses pembuatan robot yang dianalisis mulai dari proses pembuatan rangka dan komponen robot hingga proses pemasangan rangkaian elektronik dan penerapan program pada robot. Reverse engineering merupakan proses analisis produk yang sudah ada sebagai acuan untuk merancang produk yang sejenis dengan memperkecil dan meningkatkan keunggulan produk. Kegiatan Reverse Engineering (RE) dilakukan dengan cara Diassembly 3D printer lama, Assembly 3D printer lama, Benchmarking, Design 3D printer baru, dan terakhir adalah protyping. Reverse engineering dilakukan pada produk 3D printer Grabber i3. Untuk 3D printer baru ini dilakukan inovasi pada material produk, yaitu akrilik, power supply 12V 30A, motor driver A4988, extruder bowden MK8, dan menambah fitur baru yaitu heatbed.

Item Type: Article
Subjects: Penelitian > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 29 Dec 2020 08:05
Last Modified: 29 Dec 2020 08:05
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/13949

Actions (login required)

View Item View Item