STUDI KASUS PADA ANAK DENGAN REGULATORY SENSORY PROCESSING DISORDER DI KLINIK TUMBUH KEMBANG X

Paramita, Sila and Soetikno, Naomi and Irena, Florencia STUDI KASUS PADA ANAK DENGAN REGULATORY SENSORY PROCESSING DISORDER DI KLINIK TUMBUH KEMBANG X. STUDI KASUS PADA ANAK DENGAN REGULATORY SENSORY PROCESSING DISORDER DI KLINIK TUMBUH KEMBANG X.

[img] Text
buktipenelitian_10703001_4A202609.pdf

Download (618kB)

Abstract

Perkembangan sensori merupakan perkembangan penting bagi individu. Sejak lahir, individu mulai memproses informasi sensori yang diperoleh dari lingkungan. Setiap informasi yang diterima sensori individu akan diintegrasikan dan diolah di otak sehingga menampilkan respons perilaku adaptif. Integrasi sensori dapat membantu individu untuk menguasai kemampuan dasar, seperti bahasa, pengendalian emosi, dan kemampuan berhitung. Masalah dalam integrasi sensori berkaitan dengan masalah dalam pemrosesan informasi sensori yang dikenal sebagai Regulatory Sensory Processing Disorder (RSPD). Ketika individu mengalami masalah dalam pemrosesan informasi sensori, maka individu akan mengalami hambatan baik dalam keberfungsiannya sehari-hari maupun perkembangannya. Masalah sensori dapat dikenali sejak dini melalui karakteristik perilaku yang ditampilkan anak. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku anak dengan Regulatory Sensory Processing Disorder. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah satu orang yang merupakan pasien anak pada Klinik Tumbuh Kembang X. Metode pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan asesmen psikologi. Ada pun sumber informasi diperoleh langsung melalui partisipan, orangtua, dan terapis. Untuk mengetahui gambaran fungsi sensori pada partisipan, peneliti menggunakan daftar observasi wawancara yang tertera pada ICDL-DMIC (2005). Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan yang terlibat dalam penelitian ini mengalami gangguan pemrosesan sensori dengan tipe sensory-seeking. Partisipan penelitian menampilkan perilaku yang sangat aktif bergerak dan kesulitan memberikan atensi pada tugas yang diberikan. Hal tersebut berdampak pada performa akademis dan interaksi sosial yang dimiliki.

Item Type: Article
Subjects: Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 31 Dec 2020 09:53
Last Modified: 31 Dec 2020 09:53
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/14051

Actions (login required)

View Item View Item