Taman kanak-kanak dan sekolah dasar inclusive (ARS - 3780)

Mantik, Yulian (2012) Taman kanak-kanak dan sekolah dasar inclusive (ARS - 3780). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
315080072_Yulian Mantik_Cover.pdf

Download (18kB)
[img] Text
315080072_Yulian Mantik_Daftar isi.pdf

Download (259kB)
[img] Text
315080072_Yulian Mantik_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
315080072_Yulian Mantik_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
315080072_Yulian Mantik_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
315080072_Yulian Mantik_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
315080072_Yulian Mantik_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
315080072_Yulian Mantik_Daftar Pustaka.pdf

Download (273kB)

Abstract

Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak Inklusif merupakan fasilitas pendidikan yang mengakomodasi siswa tingkat menegah atas baik siswa normal maupun siswa berkebutuhan khusus. Peserta didik anak berkebutuhan khusus pada sekolah ini yaitu tunadaksa, ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) dan Autistic Spectrum Disorder (ASD). Program yang disediakan adalah kegiatan belajar formal di kelas reguler maupun kelas khusus, pengembangan minat dan bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler dan pelayanan kesehatan berupa terapi bagi anak berkebutuhan khusus. Sesuai dengan tujuan utama setiap Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak yaitu kemandirian bagi para siswanya, maka konsep desain fasilitas ini adalah adanya sistem sirkulasi yang jelas sehingga para siswa dapat mengakses semua fasilitas secara mandiri. Pendekatan design yang digunakan adalah implementasi teori Kevin Lynch mengenai legibilitas dan intangible metafor yang memperhatikan karakteristik peserta didik anak berkebutuhan khusus. Elemen yang digunakan dalam penataan sistem sirkulasi diseluruh kompleks sekolah ini adalah path,edges,nodes,distrik dan lanmark. Dengan Demikian diharapkan sekolah ini dapat menjadi sarana pendidikan bagi semua anak untuk dapat mengoptimalkan kemampuan dan keterampilan mereka serta belajar menghargai keberagaman yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 20 Apr 2021 17:03
Last Modified: 12 May 2023 04:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/16209

Actions (login required)

View Item View Item