Taman belajar sains anak-anak di Tebet, Jakarta (ARS - 3730)

Sudarta, Kinara (2012) Taman belajar sains anak-anak di Tebet, Jakarta (ARS - 3730). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
315080107_Kinara Sudarta_01 Cover.pdf

Download (95kB)
[img] Text
315080107_Kinara Sudarta_04 Abstrak.pdf

Download (66kB)

Abstract

Seiring berjalannya waktu, ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju dan berkembang. Manusia pun dituntut untuk memiliki pengetahuan dan pendidikan intelektual dengan standar yang semakin tinggi, terutama di bidang ilmu sains (alam) dan teknologi. Pendidikan akhirnya diusahakan dilakukan sedini mungkin, yakni pendidikan formal terhadap anak-anak usia 6 – 15 tahun (SD – SMP). Anak-anak memiliki cara belajar yang lebih bebas, melalui pengalaman secara nyata dan pengamatan langsung. Akan tetapi, ternyata pendidikan sains dan teknologi sulit dilakukan secara maksimal di sekolah karena waktu yang tidak cukup ataupun kemampuan guru yang kurang baik. Selain itu, tidak semua sekolah memiliki fasilitas pengajaran sains yang memadai. Oleh karena itu, proyek Taman Belajar Sains Anak-anak dirancang sebagai wadah bagi anak-anak untuk mempelajari sains di luar sekolah. Tentu saja proses perancangan juga melalui kajian-kajian teori dan studi banding terhadap proyek-proyek sejenis. Selain itu juga dilakukan metode kualitatif, yakni dengan pendekatan analisis yang menghasilkan kesimpulan dari data-data yang ada. Taman Belajar Sains Anak-anak ini adalah sebuah proyek baru di mana anak-anak dapat mempelajari sains melalui berbagai program, seperti Studio Sains dan Petualangan Sains di Galeri Sains. Proyek ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran sains di sekolah agar kemampuan anak Indonesia di bidang sains dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 21 Apr 2021 09:30
Last Modified: 05 Jul 2021 10:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/16762

Actions (login required)

View Item View Item