Strategi Komunikasi Kampanye Internal Greget Plastik untuk Menumbuhkan Kesadaran Karyawan dalam Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai (Studi pada PT Kalbe Farma Tbk)

Donata, Jessica (2020) Strategi Komunikasi Kampanye Internal Greget Plastik untuk Menumbuhkan Kesadaran Karyawan dalam Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai (Studi pada PT Kalbe Farma Tbk). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstract Indonesia is currently ranked the second highest in the world as one of the countries that contributes the most plastic waste. Now many companies have proven this fact and supported a campaign to use plastics that have been used, one of which is PT Kalbe Farma Tbk. The research objective is to explain the process and communication strategies used in greget plastik campaigns. The method used in this research is a qualitative research method by studying case studies. Data collection techniques are done by interview, observation and documentation. Source triangulation is done to use the validity of the data used. This research shows that the communication strategies used in greget plastik campaigns invite communication processes, such as communication, messages, audiences, media, and effects. The campaign strategy used consists of awareness, attitudes and opinions, and behavior, where employees are entitled to get information and facts in the field about plastics. Then employees are invited to be directly involved in the campaign, so they can change their habits. Saat ini Indonesia menempati peringkat kedua tertinggi di dunia sebagai salah satu negara yang menyumbang sampah plastik terbanyak. Kini banyak perusahaan yang telah menyadari fakta tersebut dan berupaya menerapkan gerakan kampanye untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, salah satunya adalah PT Kalbe Farma Tbk. Tujuan penelitian untuk menjelaskan proses dan strategi komunikasi yang digunakan kampanye greget plastik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Triangulasi sumber dilakukan untuk menguji keabsahan data yang digunakan. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan dalam kampanye greget plastik melibatkan unsur-unsur proses komunikasi, seperti komunikator, pesan, khalayak, media, dan efek. Adapun strategi kampanye yang digunakan berupa awareness, attitudes and opinion, dan behavior, di mana karyawan diberi informasi dan fakta-fakta di lapangan seputar plastik. Kemudian karyawan diajak untuk terlibat langsung dalam kampanye, sehingga dapat mengubah kebiasaan mereka. Keywords campaign; communication process; greget plastik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2021 05:47
Last Modified: 25 Aug 2021 05:47
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/21691

Actions (login required)

View Item View Item