Pelaksanaan larangan pencantuman Klausula Eksonerasi dalam Parkir Valet / Oswalda Karin

Karin, Oswalda (2016) Pelaksanaan larangan pencantuman Klausula Eksonerasi dalam Parkir Valet / Oswalda Karin. Skripsi thesis, Universitas Tarumanegara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci : Klausula Eksonerasi, Parkir Valet Isi : Zaman modern seperti sekarang ini semakin banyak pelaku usaha yang menyediakan layanan jasa parkir valet dalam kegiatan usahanya, contohnya adalah mall, hotel, dan tempat hiburan lainnya. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu fasilitas yang disediakan oleh para pelaku usaha guna menunjang kegiatan usahanya untuk dapat memberi kepuasan terhadap konsumen. Namun tidak hanya kepuasan yang mungkin diperoleh oleh konsumen, melainkan juga kegiatan parkir valet tersebut dapat menimbulkan kerugian bagi konsumen jika terjadi kehilangan atau kerusakan lainnya. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam Pasal 18 Ayat 1 huruf a telah melarang isi perjanjian baku yang mengalihkan tanggung jawab. Masalahnya adalah bagaimana pelaksanaan dari larangan tersebut oleh pengelola parkir? Apakah konstruksi hukum yang tepat terhadap larangan tersebut dengan adanya Putusan Mahkamah Agung Nomor 124 PK/PDT/2007? Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan studi kepustakaan ditunjang dengan studi dokumen dan wawancara. Meskipun telah dilarang oleh undang-undang, nyatanya masih ada pengelola parkir valet yang mencantumkan klausula eksonerasi tersebut. Hal ini dapat menimbulkan rasa tidak aman bagi konsumen yang ingin menggunakan jasa tersebut. Guna menertibkan pengelola parkir agar menghilangkan klausula tersebut, pemerintah harus mengawasi serta menindak tegas para pengelola parkir valet yang masih melakukan hal tersebut. Pemerintah juga dapat membuat peraturan di bawah undang-undang yang khusus mengatur klausula eksonerasi tersebut. Hal ini diharapkan dapat menyeragamkan isi dari perjanjian baku parkir valet, serta memberi rasa aman bagi konsumen yang hendak menggunakan layanan jasa tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 03 Jul 2018 02:24
Last Modified: 03 Jul 2018 02:24
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/2499

Actions (login required)

View Item View Item