HUBUNGAN ANTARA CARPAL TUNNEL SYNDROME DENGAN BERMAIN GAME ONLINE ≥ 4 JAM DI BEBERAPA WARNET KECAMATAN GROGOL - PETAMBURAN JAKARTA BARAT PERIODE NOVEMBER – DESEMBER TAHUN 2015

Kurniawan, Ade (2015) HUBUNGAN ANTARA CARPAL TUNNEL SYNDROME DENGAN BERMAIN GAME ONLINE ≥ 4 JAM DI BEBERAPA WARNET KECAMATAN GROGOL - PETAMBURAN JAKARTA BARAT PERIODE NOVEMBER – DESEMBER TAHUN 2015. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) adalah salah satu jenis cummulative traumadisorders (CTD) yang disebabkan terjebaknya nervus medianus dalam terowongan karpal pada pergelangan tangan dengan gejala seperti nyeri, kebas dan kesemutan pada jari - jari dan tangan di daerah persarafan nervus medianus. Aktivitas yang dilakukan seorang dalam bermain game online di warung internet (warnet) berpotensi terhadap kemungkinan mengalami gejala CTS, dengan adanya gerakan, penekanan, dan salah posisi oleh tangan pada saat menggunakan mouse dan keyboard. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan bermain game online ≥ 4 jam terhadap terjadinya CTS. Penelitian bersifat observasional analitik dengan desain potong lintang terhadap 75 sampel di beberapa warnet Grogol - Petamburan Jakarta Barat periode November – Desember tahun 2015 dengan teknik pengumpulan data Non Random Purposive Sampling. Penelitian menemukan responden yang bermain game online ≥ 4 jam sebanyak 51 (68%) dan yang bermain < 4 jam sebanyak 24 (32%). Jumlah responden yang bermain game online ≥ 4 jam positif CTS sebanyak 15 (29,4%), normal tanpa CTS sebanyak 36 (70,6%). Responden yang bermain game online< 4 jam positif CTS sebanyak 2 (8,3%), normal tanpa CTS sebanyak 22 (91,7%). Prevalensi CTS pada responden yang bermain game online sebanyak 17( 22,7%), normal tanpa CTS sebanyak 58 (77,3%). Pada uji statistik pearson chi square didapatkan hubungan yang tidak bermakna antara lama bermain game online ≥ 4 jam dengan CTS (p - value = 0,082). Namun, penelitian menunjukkan bahwa responden yang bermain game online ≥ 4 jam memiliki resiko 3,529 kali (PR = 3,529) lebih tinggi untuk mengalami CTS daripada responden yang bermain game online < 4 jam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Haming, Tjie
Uncontrolled Keywords: Carpal Tunnel Syndrome, Game Online
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 02:26
Last Modified: 28 May 2024 02:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27060

Actions (login required)

View Item View Item