Interaksi Simbolik sebagai Pembentukan Perencanaan Komunikasi Pemasaran (Studi Etnografi pada PT. Inti Ozzigeno Nara Solusi)

Sisyadi, Bella (2020) Interaksi Simbolik sebagai Pembentukan Perencanaan Komunikasi Pemasaran (Studi Etnografi pada PT. Inti Ozzigeno Nara Solusi). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstract Integrated marketing communication is an activity to increase the sales, and to introduce a brand to people in an effective way using a consistent message for the appropriate target audience. PT. Inti Ozzigeno Nara Solusi is an advertising agency in Indonesia that implements integrated marketing communication to reach client’s objective. PT. Inti Ozzigeno Nara Solusi has its own step of integrated marketing communication which is different compared to other advertising agencies. Symbolic interactionism takes an important role in creating the integrated marketing communication of PT. Inti Ozzigeno Nara Solusi. The research uses qualitative methodology with ethnography method. The data is obtained from participant observation, in depth interview with the team, and document analysis. The results concluded that PT. Inti Ozzigeno Nara Solusi has nine steps in the integrated marketing communication planning process that includes the following steps: OZIM, Brand and Competitor Analysis, Target Audience Research, to find ‘Benang Merah’ of client, Set Umbrella Communication, Set the integrated marketing communication strategy, Pitching with Client, Execute the Integrated Marketing Communication, and Monitoring. Symbolic interactions are found during the integrated marketing process such as rules, language of use, up to the company expectations. Kegiatan komunikasi pemasaran terpadu dilakukan untuk meningkatkan penjualan dan memperkenalkan sebuah merek kepada masyarakat dengan cara menetapkan cara terefektif dan pesan yang konsisten untuk target audience yang sesuai. PT. Inti Ozzigeno Nara Solusi adalah perusahaan periklanan di Indonesia yang menerapkan komunikasi pemasaran terpadu untuk memenuhi objektif klien. PT. Inti Ozzigeno Nara Solusi memiliki cara tersendiri dalam pembentukan perencanaan komunikasi pemasaran yang berbeda dengan perusahaan periklanan lainnya. Interaksi simbolik berperan penting dalam perencanaan komunikasi pemasaran PT. Inti Ozzigeno Nara Solusi. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan metode etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dengan tim PT. Inti Ozzigeno Nara Solusi, dan analisis dokumen. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat 9 tahapan perencanaan komunikasi pemasaran terpadu yang terdiri dari OZIM, Analisis Merek dan Kompetitor, Riset Target Audience, Menemukan ‘Benang Merah’ dengan klien, Menetapkan Umbrella Communication, Menetapkan Strategi Komunikasi Iklan, Pitching dengan Klien, Eksekusi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu, dan Monitoring. Pada tahapan tersebut terjadi interaksi yang mengandung simbol-simbol seperti peraturan, penggunaan bahasa, hingga harapan para tim perusahaan Keywords advertising; ethnography; integrated marketing communication; symbolic interactionism; etnografi; interaksi simbolik; komunikasi pemasaran terpadu; periklanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 04 May 2021 01:36
Last Modified: 04 May 2021 01:36
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27224

Actions (login required)

View Item View Item