HUBUNGAN LINGKAR PINGGANG TERHADAP KEJADIAN DIABETES MELITUS PADA HASIL SKRINING WARGA RW 09, PADEMANGAN BARAT, JAKARTA UTARA OKTOBER-NOVEMBER 2015

MIRAWANI, Filly (2015) HUBUNGAN LINGKAR PINGGANG TERHADAP KEJADIAN DIABETES MELITUS PADA HASIL SKRINING WARGA RW 09, PADEMANGAN BARAT, JAKARTA UTARA OKTOBER-NOVEMBER 2015. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lingkar pinggang yang berlebih menunjukkan obesitas sentral. Orang dengan obesitas sentral kemungkinan terkena penyakit metabolik seperti kadar glukosa darah yang tinggi sampai terkena diabetes melitus, hipertensi dan dislipidemia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa kuat hubungan lingkar pinggang dengan kejadian diabetes melitus. Penelitian dilaksanakan di RW 09, Pademangan Barat, Jakarta Utara periode Oktober-November 2015 dengan mengukur lingkar pinggang dan kadar glukosa darah sewaktu. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik cross-sectional. Penelitian ini menggunakan non-random consecutive sampling dengan sampel yang terkumpul adalah 102 responden, dengan 53 responden laki-laki dan 49 responden perempuan. Dari uji chi-square test didapatkan tidak ada hubungan antara lingkar pinggang dengan diabetes melitus (p value = 0,727) tetapi secara epidemiologi didapatkan PR = 1,026 yaitu responden yang mempunyai lingkar pinggang tidak normal (gemuk) mempunyai resiko 1,026 kali untuk terkena diabetes melitus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karjadijaja, Idawati
Uncontrolled Keywords: lingkar pinggang, diabetes melitus
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 13:35
Last Modified: 27 May 2024 13:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27230

Actions (login required)

View Item View Item