HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DI SASANA TRESNA WERDHA KARYA BHAKTI RIA PEMBANGUNAN CIBUBUR PERIODE AGUSTUS-NOVEMBER 2015

Shahab, Amirah (2015) HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DI SASANA TRESNA WERDHA KARYA BHAKTI RIA PEMBANGUNAN CIBUBUR PERIODE AGUSTUS-NOVEMBER 2015. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring bertambahnya usia akan terjadi perubahan yang signifikan pada komponen tubuh terutama pada usia 60 tahun keatas (lansia). Perubahan status gizi dapat memicu timbulnya penyakit degeneratif seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi. Riskesdas 2013 menunjukkan tingginya prevalensi hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuui apakah terdapat hubungan antara status gizi dengan tekanan darah di Sasana Tresna Werdha Karya Bhakti RIA Pembangunan Cibubur periode Agustus 2015-November 2015. Penelitian ini bersifat analitik dengan uji potong lintang. Populasi penelitian didapaati dari lansia yang bertempat tinggal di Sasana Tresna Werdha Karya Bhakti RIA Pembangunan Cibubur. Subjek penelitian berjumlah 55 responden. Dari hasil penelitian didapatkan proposi lansia yang memiliki status gizi normal tetapi mengalami hipertensi sebanyak 12,7% (7 responden) sedangkan responden yang mengalami obesitas serta hipertensi sebanyak 29,1% (16 responden). Dari hasil penelitian yang dihitung menggunakan uji statisik, didapatkan p = 0,032 maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang bermakna antara status gizi dengan tekanan darah pada lansia di Sasana Tresna Werdha Karya Bhakti RIA Pembangunan Cibubur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kumala, Meilani
Uncontrolled Keywords: Lansia, Status Gizi, Tekanan Darah
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 02:24
Last Modified: 28 May 2024 02:24
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27256

Actions (login required)

View Item View Item