Analisis Sistem Pemeliharaan pada Mesin Hammer Mill Menggunakan Pendekatan Lean Maintenance (Studi Kasus: PT. Bintang Jaya Proteina Feedmill)

Hariyanto, Gerry (2021) Analisis Sistem Pemeliharaan pada Mesin Hammer Mill Menggunakan Pendekatan Lean Maintenance (Studi Kasus: PT. Bintang Jaya Proteina Feedmill). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
545170032_Gerry Hariyanto_1.pdf

Download (87kB)
[img] Text
545170032_Gerry Hariyanto_2.pdf

Download (74kB)
[img] Text
545170032_Gerry Hariyanto_3.pdf

Download (63kB)
[img] Text
545170032_Gerry Hariyanto_4.pdf

Download (63kB)
[img] Text
545170032_Gerry Hariyanto_5.pdf

Download (68kB)

Abstract

PT. Bintang Jaya Proteina Feedmill merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi pakan dengan bahan baku berasal dari hasil pertanian, peternakan, dan bahan-bahan lainnya yang layak digunakan sebagai bahan pakan, baik yang telah diolah maupun yang belum diolah. Penelitian ini membahas mengenai sistem pemeliharaan pada produksi pakan ternak menggunakan pendekatan lean maintenance. PT. Bintang Jaya Proteina Feedmill memiliki permasalahan pada sistem pemeliharaan dan juga berhubungan dengan proses produksi. Permasalahan yang masih terjadi yaitu masih terdapat pemborosan (waste) pada aktivitas maintenancenya dan juga tidak adanya perawatan yang terencana membuat mesin- mesin produksi mengalami kerusakan yang berakibat pada terganggunya proses produksi.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui waste yang terjadi pada produksi di PT. Bintang Jaya Proteina Feedmill serta memberikan solusi perbaikan agar efektivitas pada mesin dapat meningkat. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Maintenance Value Stream Mapping (MVSM) untuk menelusuri penyebab-penyebab terjadinya waste pada aktivitas pemeliharaan yang selanjutnya akan diperdalam dengan Root Cause Analysis (RCA) dan Why- Why Analysis untuk merekomendasikan perbaikan dalam upaya menghilangkan waste tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 04 May 2021 04:30
Last Modified: 04 May 2021 04:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27425

Actions (login required)

View Item View Item