PROFIL KEPATUHAN MINUM OBAT ANTIHIPERTENSI PADA PASIEN HIPERTENSI DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA PERIODE JULI-DESEMBER 2015

SEPALAWANDIKA, Alfindra (2016) PROFIL KEPATUHAN MINUM OBAT ANTIHIPERTENSI PADA PASIEN HIPERTENSI DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA PERIODE JULI-DESEMBER 2015. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan survei WHO tahun 2008 di Indonesia, didapatkan angka kematian usia 30-70 tahun sebesar 308 per 100.000. Penyumbang terbesar adalah akibat penyakit kardiovaskular dan diabetes. Hipertensi merupakan penyakit kardiovaskular yang paling lazim. Hipertesi jika tidak ditatalaksana dengan tepat, dapat menyebabkan komplikasi yang berat. Karena alasan itu, terapi hipertensi wajib diberikan pada penderita hipertensi agar mencapai tekanan darah yang terkontrol untuk mencegah komplikasinya. Kepatuhan minum obat adalah kunci utama tercapainya tekanan darah yang terkontrol.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan populasi karyawan Universitas Tarumanagara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kepatuhan konsumsi obat antihipertensi pada karyawan Universitas Tarumagara serta mendapatkan faktor-faktor apa saja yang ada dalam hal itu. Penelitian ini dilakukan sejak Juli 2015 hingga Desember 2015. Sampel penelitian ini berjumlah 48 orang dengan teknik pengambilan concetutive non random sampling. Dari hasil penelitian ini didapatkan 95,8% responden memiliki kepatuhan rendah, 4,2% responden memiliki kepatuhan tinggi dengan 25% responden memiliki tekanan darah terkontrol dan 75% sisanya tidak terkontrol.Kepatuhan minum obat antihipertensi dipengaruhi banyak faktor baik intrinsik maupun ekstrinsik dan faktor-faktor ini saling berinteraksi satu dengan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Gunawan, Shirly
Uncontrolled Keywords: Hipertensi; kepatuhan minum obat; komplikasi; faktor; kontrol.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 13:45
Last Modified: 27 May 2024 13:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27492

Actions (login required)

View Item View Item