HUBUNGAN MEROKOK DENGAN GANGGUAN FUNGSI PARU PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2012-2013

ALQOZALI, Fajar (2016) HUBUNGAN MEROKOK DENGAN GANGGUAN FUNGSI PARU PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (569kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh antara hubungan merokok dengan gangguan fungsi paru di kalangan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Desain penelitian yang digunakan peneliti adalah cross-sectional. Sampel yang diambil adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara dengan jumlah sebanyak 49 orang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner terlebih dahulu kemudian dilakukan pemeriksaan spirometri dan data diolah menggunakan program analisis statistik. Uji statistik menggunakan pearson chi-square continuity correction. Dari hasil penelitian ini di dapatkan hubungan yang tidak bermakana (p-value = 0.063 ) antara merokok dengan gangguan fungsi paru . Pada hasil uji analisis epidemiologik didapatkan hasil yang menyatakan bahwa merokok merupakan faktor resiko terhadap gangguan fungsi paru (RP : 3.6).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Novendy
Uncontrolled Keywords: Merokok, Gangguan fungsi paru
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 26 Oct 2021 02:08
Last Modified: 26 Oct 2021 02:10
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27502

Actions (login required)

View Item View Item