FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKSEPTOR KB IMPLAN DALAM MEMILIH METODE KONTRASEPSI IMPLAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KELURAHAN MERUYA UTARA,KECAMATAN KEMBANGAN, JAKARTA BARAT

PERMATASARI, Indah (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKSEPTOR KB IMPLAN DALAM MEMILIH METODE KONTRASEPSI IMPLAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KELURAHAN MERUYA UTARA,KECAMATAN KEMBANGAN, JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring dengan meningkatnya laju pertumbuhan penduduk sejak tahun 1990. Indonesia kemungkinan akan mengalami krisis populasi dengan standar sumber daya manusia yang rendah. Dengan perkiraan jumlah penduduk sebesar 305 juta jiwa pada tahun 2035, pemerintah harus menyiapkan langkah lebih lanjut untuk menghentikan laju pertumbuhan penduduk. Salah satunya adalah program Keluarga Berencana (KB). Berdasarkan data dari tahun 2011, menunjukan bahwa sebesar 61,9% penduduk Indonesia telah menggunakan kontrasepsi. Sebesar 57,9% penduduk Indonesia menggunakan kontrasepsi modern. Dimana hanya terjadi peningkatan sebesar 0,5% dibanding 5 tahun yang lalu. Sebesar 4% sisanya menggunakan kontrasepsi tradisional. Pada penggunaan kontrasepsi modern, sebesar 3,2% menggunakan MOW, 0,2% MOP, 13,6% pil, 31,9% suntik, 3,3% implant, 3,9% IUD, dan 1,8% mengunakan kondom. Dalam pemilihan metode kontrasepsi yang berbeda – beda ini disebabkan karena berbagai faktor yang berhubungan erat terhadap keberhasilan bagi penggunanya, seperti faktor umur, pengetahuan, jumlah anak, dukungan suami, dan media informasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan cara wawancara mendalam dengan total responden sebanyak 10 orang. Seluruh responden merupakan wanita usia produktif yang saat ini sedang menggunakan kontrasepsi implan. Data dikumpulkan secara manual, untuk kemudian di kelompokan dan di analisa isinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hermijanti, Erni
Uncontrolled Keywords: Kontrasepsi, Implan, KB
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 13:36
Last Modified: 27 May 2024 13:36
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27516

Actions (login required)

View Item View Item