PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, FINANCIAL LEVERAGE, DAN DIVIDEND PAYOUT RATIO TERHADAP INCOME SMOOTHING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI (BURSA EFEK INDONESIA) TAHUN 2016-2018

Aditya, Irawan (2020) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, FINANCIAL LEVERAGE, DAN DIVIDEND PAYOUT RATIO TERHADAP INCOME SMOOTHING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI (BURSA EFEK INDONESIA) TAHUN 2016-2018. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Irawan Aditya 125160104 JA.pdf

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan bukti secara empiris mengenai pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, financial leverage, dan dividend payout ratio terhadap praktik income smoothing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 25 perusahaan manufaktur yang diseleksi menggunakan metode purposive sampling dari total populasi 137 perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan model regresi logistik dan software SPSS versi 27.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan ukuran perusahaan, umur perusahaan, dan financial leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap income smoothing, sedangkan profitabilitas dan dividend payout ratio menunjukan tidak ada pengaruh terhadap income smoothing Kata kunci: income smoothing, ukuran perusahaan, umur perusahaan, financial leverage Sufiyati S.E., M.Si., Ak., CA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 05 May 2021 03:09
Last Modified: 14 Aug 2023 07:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27766

Actions (login required)

View Item View Item