TinjauanYuridisAtasPerjanjianNomineedalam Hal KepemilikanHakAtas TanahMenurut UUPA (StudiKasus: Perjanjian Antara KarpikaWatiMelawanAlain Maurice Pons)

Chandra, Michael (2018) TinjauanYuridisAtasPerjanjianNomineedalam Hal KepemilikanHakAtas TanahMenurut UUPA (StudiKasus: Perjanjian Antara KarpikaWatiMelawanAlain Maurice Pons). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER MICHAN SKRIPSI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Scan Tanda Persetujuan Skripsi Siap Uji.pdf

Download (330kB)
[img] Text
scan michan pengesahan skripsi.pdf

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR ISI MICHAN Fix.pdf

Download (189kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI MICHAN setelah ujian skripsi revisian.pdf

Download (10kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR MICHAN 18 Februari 2019.pdf

Download (372kB)

Abstract

Manusia dalam kehidupan bermasyarakat tidak bias terlepas dari hubungan dengan manusia lainnya hal ini membuktikan bahwa manusia merupakan mahkluk sosial. Interaksi atau hubungan yang baik antar masyarakat dapat menghasilkan suatu peristiwa maka sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Aristoteles sebagai makhluk social dan Homo Socialis yang artinya manusia itu hidup dalam pergaulan hidup manusia, dan dalam keadaan yang demikian itu selalu hidup berorganisasi dalam interaksi antara individu tersebut,peristiwa tersebut dapat berupa seseorang berjanji kepada orang lainnya untuk melakukan suatu, menuntut sesuatu serta untuk menyerahkan sesuatu. Dalam penelitian ini menitik beratkan pada pembahasan perjanjian Nominee yang berlokasi di desa Pererenan Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung,Propinsi Bali. Dengan permasalahan Bagaimana keabsahan perjanjian nominee yang dilakukan oleh warga Negara Asing dan warga Negara Indonesia? Untuk memperoleh data sekunder digunakan metodenormatif dan berdasarkan pendekatan undang-undang. Pada kenyataannya hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik menggunakan nama warga Negara Indonesia yang dilakukan oleh pihak asing untuk memiliki tanah dalam hal ini masih banyak terutama di Bali. Dengan demikian penelitian saya disimpulkan bahwa orang asing atau badan hokum asing hanya dapat memiliki hak atas tanah melalui hak pakai. Dan juga sebaiknya agar peristiwa seperti ini tidak terjadi lagi maka perlunya tindakan dari pemerintah merumuskan suatu kepastian hokum mengenai perjanjian Nominee. Dan Bagi masyaraka tumum agar lebih berhati-hati dan bijaksana dalam melakukan perjanjian dengan pihak asing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hasni, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Tanah, Warga Negara Asing, Nominee
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 06 May 2021 04:12
Last Modified: 06 May 2021 04:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28085

Actions (login required)

View Item View Item