Tanggung Jawab Notaris Terhadap Ketidaklengkapan Dokumen Dalam Pembuatan Akta Pengoperan Hak Atas Tanah Garapan (contoh kasus: Akta Jual Beli Dan Pengoperan Hak Nomor 33)

Simamora, Charly Zekky (2018) Tanggung Jawab Notaris Terhadap Ketidaklengkapan Dokumen Dalam Pembuatan Akta Pengoperan Hak Atas Tanah Garapan (contoh kasus: Akta Jual Beli Dan Pengoperan Hak Nomor 33). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER SKRIPSWEET.pdf

Download (21kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN1.pdf

Download (754kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN1.pdf

Download (942kB)
[img] Text
Daftar Isi, Abstrak Dll.pdf

Download (179kB)

Abstract

Pada kehidupan bermasyarakat diperlukan suatu profesi dimana seseorang dapat menyelesaikan masalah-masalah dalam suatu hukum Perdata dan membuat Akta Otentik yaitu profesi Notaris. Dalam skripsi ini rumusan masalah apakah menjadi akibat hukum ketidaklengkapan dokumen atas penerbitan Akta Jual Beli dan Pengoperan Hak Nomor 33 dan bagaimana tanggung jawab notaris Notaris terhadap ketidaklengkapan dokumen atas penerbitan Akta Jual Beli dan Pengoperan Hak Nomor 33. Penulis meneliti masalah tersebut dengan metode penelitian hukum normatif yang bersifat deksriptif, dengan menggunakan data sekunder dan data primer sebagai data penunjang yang dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menggambarkan akibat Akta Jual Beli dan Pengoperan Hak Nomor 33 tersebut bukan Akta Otentik melainkan akta dibawah tangan karena ketidaksempurnaan atau ketidaklengkapan dokuemn-dokumen dan Tanggung Jawab Notaris harus melengkapi dokumen-dokumen tersebut dan dapat dikenakan sanksi . Untuk itu kesimpulan penulis Akibat hukum Akta Jual Beli dan Pengoperan Hak Nomor 33 yang dibuat oleh notaris persyaratan-persyaratan dokumen masih belum dilengkapi maka dikatakan Akta dibawah tangan dan tanggung jawab Notaris tersebut harus melengkapi dokumen-dokumen Akta Jual Beli dan Pengoperan Hak Nomor 33 tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Endang Pandamdari, S.H.,M.H.
Uncontrolled Keywords: Akta Jual Beli dan Pengoperan Hak Nomor 33, Notaris, Ketidaklengkapan Dokumen
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 06 May 2021 07:01
Last Modified: 06 May 2021 07:01
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28207

Actions (login required)

View Item View Item