PERAN KONTRAK PSIKOLOGIS SEBAGAI VARIABEL MODERATOR PADA HUBUNGAN ANTARA MOTIF BERAFILIASI DAN KESETIAAN KARYAWAN

Kosasih, Patrisia (2009) PERAN KONTRAK PSIKOLOGIS SEBAGAI VARIABEL MODERATOR PADA HUBUNGAN ANTARA MOTIF BERAFILIASI DAN KESETIAAN KARYAWAN. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
8 ABSTRAK-FINAL.docx.pdf

Download (73kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara motif berafiliasi dengan kesetiaan karyawan serta pengaruh dua bentuk kontrak psikologis, yaitu kontrak relasional dan transaksional, pada hubungan tersebut. Kuesioner penelitian yang mengukur kesetiaan karyawan, motif berafiliasi dan kontrak psikologis diberikan kepada 350 orang karyawan di PT. X, namun hanya 300 yang kembali. Melalui seleksi kriteria, terkumpul 241 data yang dapat diteliti. Sebanyak 101 data responden digunakan untuk uji coba reliabilitas. Sampel didasarkan pada 140 data responden yang telah lolos persyaratan kriteria subyek dan yang mengisi kuesioner secara lengkap. Pengujian hipotesa menggunakan formula normalitas One-Sample Kolmogorov-Smirnov dan analisa statistik dilakukan menggunakan regresi linear sederhana dan metode moderating regression analysis (MRA) untuk mendapatkan hasil. Hasil menunjukkan bahwa motif berafiliasi memiliki pengaruh langsung atas kesetiaan karyawan dengan tingkat signifikansi p = 0,001. Pada hasil juga ditemukan bahwa kontrak psikologis memoderasi hubungan motif berafiliasi dengan kesetiaan karyawan secara signifikan hanya ketika berbentuk relasional. Kontrak psikologis tidak berperan sebagai moderator pada hubungan tersebut ketika berbentuk transaksional. Penelitian ini membantu menghasilkan teori dan praktek dengan mengarahkan perhatian peneliti dan praktisi dalam menyadari pentingnya konstruk kontrak psikologis dalam meningkatkan respon kesetiaan karyawan di perusahaan. Selain itu, penelitian ini juga menawarkan alat ukur kesetiaan karyawan, motif berafiliasi dan kontrak psikologis yang dapat digunakan bagi praktisi maupun penelitian di masa depan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Rostiana D. Nurdjajadi, M.Si., Psi. Dr. Fransiska I. R. Dewi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kontrak Psikologis Relasional, Kontrak Psikologis Transaksional, Kesetiaan Karyawan, Motif Berafiliasi.
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 10 May 2021 04:51
Last Modified: 10 May 2021 04:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/28776

Actions (login required)

View Item View Item