PROFIL PENGGUNAAN OBAT ANTIHIPERTENSI PADA PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS KECAMATAN GROGOL PETAMBURAN PERIODE JANUARI 2018 – DESEMBER 2018

STEFANUS, STEFANUS (2019) PROFIL PENGGUNAAN OBAT ANTIHIPERTENSI PADA PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS KECAMATAN GROGOL PETAMBURAN PERIODE JANUARI 2018 – DESEMBER 2018. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hipertensi diartikan sebagai suatu keadaan dimana tekanan darah di arteri mengalami peningkatan secara kronik dari ambang batas yang telah ditentukan. Menurut World Health Organization (WHO) prevalensi hipertensi di seluruh dunia diperkirakan mencapai 40% pada usia diatas 25 tahun. Selain itu, berdasarkan hasil Riskesdas tahun 2013, prevalensi pasien hipertensi yang terbanyak berada di Bangka Belitung 30,9% serta penduduk Indonesia yang hanya mengonsumsi obat antihipertensi sebanyak 25,8%. Melihat banyaknya penduduk Indonesia yang mengalami hipertensi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profil pemberian obat antihipertensi di Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan serta melihat apakah sudah tepat guna dan rasional. Penelitian ini merupakan penelitian observasional yang dilakukan secara retrospektif dengan desain penelitian cross sectional. Subyek pada penelitian ini sebanyak 294 pasien hipertensi yang menjalani perawatan rawat jalan di Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan. Hasil dari penelitian ini didapatkan pasien perempuan 66,7% lebih banyak mengalami hipertensi bila dibandingkan dengan laki-laki. Kemudian, mayoritas usia yang mengalami hipertensi berada di kisaran usia 41-60 tahun, yaitu 49,7%. Jenis obat antihipertensi yang paling banyak digunakan adalah amlodipine, yaitu 78,6% serta didapatkan kombinasi obat antihipertensi yang paling banyak digunakan adalah amlodipine+kaptopril, yaitu 3,4%. Angka ketepatan dosis antihipertensi menunjukkan 100% tepat dosis, sedangkan pada segi pola frekuensi pemberian didapatkan dua kasus ketidaktepatan sebanyak 0,7%, yaitu kaptopril 25 mg diberikan satu kali sehari, hal ini tidak sesuai dengan pedoman JNC VII dan jika berdasarkan hasil meta analisis menurut Balraj, dkk menunjukkan bahwa dosis minimum efektifitas kaptopril adalah 37,5mg/hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: J o h a n
Uncontrolled Keywords: hipertensi, obat antihipertens
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 28 May 2024 01:49
Last Modified: 28 May 2024 01:49
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29026

Actions (login required)

View Item View Item