ANALISA PROPAGANDA DALAM FILM CHE: THE ARGETINE

ADITYA, PRASAD (2020) ANALISA PROPAGANDA DALAM FILM CHE: THE ARGETINE. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ABSPRASAD.pdf

Download (182kB)

Abstract

Abstrak : Dewasa ini pembentukan opini publik bisa berlangsung dengan sangat cepat dan luas berkat kemajuan teknologi. Maka itu salah satu cara mempengaruhi opini publik adalah melalui propaganda. Salah satu media kondang yang banyak diminati oleh khalayak luas adalah film. Media film juga merupakan sarana propaganda yang memiliki impact besar. Sejak kemunculannya, film telah digunakan sebagai alat untuk menyampaikan propaganda. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa bagaimana teknik propaganda yang digunakan dalam film yang berjudul Che: The Argentine karya seorang sineas Hollywood bernama Steven Soderbergh. Teori yang digunakan adalah teori propaganda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian analisis wacana Sara Mills. Dalam penelitian ini, penulis membongkar realita wacana dan menyimpulkan posisi subjek-objek serta posisi penonton pada wacana. Setelah membedah realita dalam wacana film, penelitian ini menemukan bahwa realita dalam film diceritakan berdasarkan sudut pandang subjek yakni tokoh Ernesto Guevara dengan kacamata puncak kebenarannya. Adapun teknik propaganda yang digunakan adalah card stacking, glittering generalities, plain folk, dan bandwagon effect. Pesan propaganda tersebut disampaikan dari kacamat subjek seorang dengan cara menerjemahkan keadaan di sekitarnya melalui kacamata puncak kebenaran yang dimiliki subjek. Kata Kunci : propaganda, film, sara mills

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 20 May 2021 03:32
Last Modified: 20 May 2021 03:32
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29094

Actions (login required)

View Item View Item